Diantar Seribuan Pendukung, Talif—Sudir Serahkan 43.800 KTP

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/2/2020)

Jalan depan Kantor KPU Sumbawa seketika macet. Ini disebabkan iring-iringan kendaraan baik roda dua maupun roda empat mengular cukup panjang, sambil meneriakkan takbir dan menyebut yel-yel “Hidup Talif–Sudir. Massa yang berjumlah sekitar seribuan ini merupakan pendukung pasangan Bakal Calon Bupati Sumbawa dan Wakil Bupati Sumbawa dari jalur Independen, Ir. Talifuddin M.Si—Sudirman S.IP. kedatangan mereka mendampingi bakal pasangan calonnya untuk menyerahkan berkas dukungan yakni sebanyak 43.800 KTP. Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra SIK, Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsi Hidayat S.IP beserta jajarannya.

Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan M.Pd dalam sambutannya, mengatakan kehadiran pasangan Talif—Sudir untuk menyerahkan berkas dukungan ini sebagai upaya untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada. Sebab untuk menyukseskan pesta demokrasi ini menjadi tanggung jawab bersama dengan peran masing-masing. Terkait dengan berkas dukungan, ungkap Wildan, berdasarkan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon), tercatat ada 43.800 KTP dukungan yang diserahkan pasangan ini. Jumlah ini telah melampaui batas minimal yaitu 28.105 dukungan sebagaimana persyaratan bakal calon perseorangan untuk maju pada Pilkada Sumbawa. Ini akan dicek kembali untuk memastikannya secara fisik baik berupa formulir dukungan, KTP, surat keterangan (Suket) hingga ada dan tidaknya tandatangan. “Beri kami waktu selama 3 hari untuk menerima dan mengembalikan berkas ini. Kami ada proses verifikasi administrasi yang dilanjutkan dengan verifikasi factual. Kami turun ke lapangan menemui langsung masyarakat pemilik KTP untuk memastikan apakah dukung atau tidak,” kata Wildan.

Baca Juga  Diplomat 9 Negara Puji Cara Sumbawa Merawat Kerukunan

Rekapitulasi ini lanjut Wildan, ada dua tahap yaitu tahap di kecamatan dan kabupaten. Rekapitulasi ini nantinya yang menentukan apakah berkas atau syarat dukungan yang diajukan terpenuhi atau tidak. Setelah ini, penetapan pasangan calon pada 8 Juli 2020 diikuti dengan penarikan nomor undian. Kemudian melaksnakan kampanye selama 71 hari, tiga hari minggu tenang dan terakhir pencoblosan yang dilaksanakan pada 23 September 2020.

Lebih jauh dikatakan Wildan, bahwa tema yang diusung pada pelaksanaan Pilkada Sumbawa ini adalah “Pandai” yaitu Partisipatif, Aman, Damai dan Berintegritas. Untuk persoalan integritas, KPU Sumbawa menjadikannya harga mati. Ini telah terbukti dengan diraihnya Predikat Terbaik II NTB untuk penyelenggara berintegritas. “Predikat ini akan kami pertahankan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara Bakal Calon Bupati Sumbawa, Ir Talifuddin M.Si mengatakan bahwa penyerahan berkas ini merupakan sejarah karena bisa sampai pada tahapan tersebut. Dengan berkas dukungan 43.800 KTP, Talif mengatakan tidak ada keraguan bahwa persyaratan yang diajukan berkurang. Ia percaya dengan tema “Pandai” yang diusung KPU Sumbawa dalam pelaksanaan Pilkada ini. Dengan kondisi yang aman damai, berintegritas dan jujur ini, Pilkada akan berlangsung sukses, karena semua penyelenggara akan akan bekerja dengan baik.

Hal senada dikatakan Sudirman S.IP—Bakal Calon Wakil Bupati Sumbawa bahwa jajaran KPU Sumbawa berintegritas. Dan KPU Sumbawa juga independen. “Kalau KPU itu independen, berarti sangat dekat dengan kita, karena kita adalah pasangan independen,” ujar Sudirman berseloroh, seraya berharap dengan dukungan masyarakat, Talif-Sudir dapat mewujudkan Sumbawa Bersinar. (JEN/SR)

iklan bapenda