Siapkan 2.171 Personil Atasi Bencana, Polda NTB Gelar Operasi “Aman Nusa II”  

oleh -137 Dilihat

MATARAM, SR (11/2/2020)

Operasi Kontijensi Bencana Alam “Aman Nusa II Gatarin 2020” di wilayah hukum Polda NTB, dimulai Selasa, 11 Februari 2020. Dibuktikan dengan digelarnya apel gelar pasukan di lapangan Gajah Mada Polda NTB yang langsung dipimpin Kapolda NTB Irjen Pol Drs.Tomsi Tohir M.Si. Upacara gelar pasukan ini dihadiri Wakapolda, Irwasda, PJU Polda, Pamen, Pama serta pasukan yang dilibatkan dalam Operasi Aman Nusa II Gatari 2020.

Dalam sambutannya Kapolda NTB mengatakan, secara geografis wilayah Polda NTB merupakan salah satu propinsi kepulauan berbatasan dengan Samudra Indonesia bagian Selatan, sedangkan bagian Utara Laut Flores dengan luas wilayah sekitar 20.153,15 Km persegi, yang dilalui sekitar 155 buah sungai yang berhulu lebih dari 15 gunung termasuk gunung Rinjani di Pulau Lombok, dan gunung Tambora di Pulau Sumbawa yang masih aktif. Dengan geografis tersebut menjadikan NTB sebagai wilayah rawan terjadi bencana seperti banjir bandang, gelombang tinggi, tanah longsor, gempa bumi, banjir/robabrasi, angin puting beliung, kekeringan, kebakaran hutan, dan gunung meletus. Provinsi NTB memiliki sumber kekayaan alam potensial salah satunya sperti tambang emas, pasir, tanah uruk dan batu apung, yang tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Dengan adanya kekayaan alam tersebut akan mendorong masyarakat untuk melakukan penambangan secara ilegal sehingga merusak lingkungan yang berdampak terhadap terjadinya bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Baca Juga  Masyarakat Sumbawa Sambut Hangat Nobar Film G30S/PKI

Polri dalam hal ini Polda NTB yang diamanatkan oleh undang-undang untuk mengemban tugas Harkamtibmas diharapkan menjadi pasukan terdepan dalam menangani penanganan bencana alam maka dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan tersebut. Tujuannya untuk mengecek kesiapan personil maupun kelengkapan serta menghimpun kekuatan untuk ikut serta berpartisipasi dalam usaha penanggulangan bencana alam baik mencegah maupun pasca bencana.

Ada beberapa penekanan Kapolda NTB yang perlu dijadikan pedoman dalam kesiap-siagaan penanggulangan bencana alam. Yakni siapkan pilun yang dibutuhkan terkait dengan kesiap-siagaan bencana alam, siapkan sarana prasarana, petakan setiap perkembangan situasi daerah yang dianggap rawan terjadinya bencana alam serta koordinasikan dengan satuan wilayah. Lakukan imbauan kepada masyarakat pada daerah yang potensial terkena dampak bencana alam. Selain itu menjalin sinergitas dengan instansi terkait yang berhubungan dengan informasi dini terjadinya bencana alam. Dan tingkatkan kemampuan SAR dengan tetap latihan rutin dan berkala.

Baca Juga  Seorang Mahasiswa Dihabisi di Ladang Jagung

Personil yang dilibatkan untuk Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2020 sebanyak 2.171 orang, dengan rincian Satker Polda NTB 631 orang, dan dari jajaran Polres setiap Polres 154 Orang, selesai upacara Kapolda NTB mengecek peralatan/kelengkapan dan personil. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *