Dukung Gratieks, Karantina Pertanian Sumbawa Sambangi Eksportir

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (9/2/2020)

Gerak cepat Karantina Pertanian Sumbawa mendukung program Badan Karantina Pertanian tahun 2020 yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) dengan menyambangi eksportir, belum lama ini. Tidak tanggung-tanggung dalam sehari dua perusahaan sekaligus, PT Karya Tani Sejahtera yang melakukan ekspor bawang merah dan PT Sumbawa Bangkit Sejahtera–eksportir serat sisal.

Menurut Kepala Karantina Pertanian Sumbawa, drh. Ida Bagus Putu Raka Aria (Raka), kegiatan ini bukti nyata mendukung Gratieks sebagai dukungan untuk menaikan ekspor komoditas pertanian dengan mendata potensi serta produksi, mendampingi, memberikan edukasi dan mendorong petani agar produknya tembus ekspor. “Pada tahun 2018 empat komoditas andalan dari Pulau Sumbawa yang mampu tembus pasar ekspor yaitu bawang merah, sarang burung walet, sisal dan jagung. Masih ada produk lainnya seperti mete, kopi, teh daun kelor, porang dan lainnya yang memiliki potensi ekspor dan akan gali lagi potensinya,” jelas Raka.

Penelusuran komoditas pertanian mulai tanam hingga nanti produk tersebut siap diekspor, ungkap Raka, menjadi perhatian Karantina Pertanian Sumbawa. Sebab disadari keterbatasan sarana dan prasarana sehingga produk pertanian dari Pulau Sumbawa tersebut harus ekspor melalui daerah lain.

Erwin—Manager dari PT SBS mengaku saat ini masih fokus pada perluasan lahan tanam dengan membina petani sekitar, pangsa pasar yang bagus bahkan untuk pasar lokal sebagai bahan baku kerajinan akan membuat sisal menjadi komoditas unggulan dari Pulau Sumbawa. (SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Pulang ke NTB, 42 TKI Dicegat di Pintu Masuk Bandara dan Pelabuhan