Afendi Pamit, Kepala SMAN 1 Plampang Lowong

oleh -21 views

SUMBAWA BESAR, SR (3/2/2020)

Ratusan siswa dan guru di SMA Negeri 1 Plampang, terkejut. Pada upacara yang digelar Senin (3/2) kemarin, Kepala Sekolah setempat, Afendi S.Pd., M.Pd, mohon pamit dan menyampaikan permohonan maaf. Sebab hari itu adalah hari terakhir ia memimpin sekolah yang sarat prestasi ini. Afendi yang sudah berada di SMAN 1 Plampang sejak 2003 (saat itu masih guru kelas) kini mendapat amanah baru sebagai pengawas. Ungkapan mengejutkan karena tak ada kabar sebelumnya soal mutasi itu, membuat tangis para siswa pecah.

Dalam kesempatan itu Afendi yang juga alumni SMAN 1 Plampang itu mengatakan, dia pertamakali ditempatkan di SMAN Plampang sejak 2 Januari 2003 sebagai guru olahraga. Ketika itu sekolah favorit ini memiliki 3 ruang kelas dan berpagar duri pohon bidara. Selain itu halaman sekolah bak kubangan kerbau dan tidak ada pohon. Saat kekosongan jam mengajar, Afendi mengaku menanam sejumlah pohon sawo dan terus dirawat. Bersamaan dengan berjalannya waktu, sekolah itu berubah. Sekolah mulai rimbun, ruang kelas bertambah dan pagar pun mulai permanen. Bukan hanya itu, jabatannya sebagai guru pun berubah karena dipercaya sebagai kepala sekolah SMAN 1 Plampang pada Tahun 2012. “Jadi saya sudah 8 tahun menjabat sebagai kepala sekolah di sini,” ungkapnya sembari mengusap air matanya.

Di akhir pidatonya, Afendi menitip salam kepada orang tua murid sekaligus menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya selama ini dalam mendukung kemajuan SMAN 1 Plampang. “Saya tidak ingin sekolah ini jatuh ke tangan orang yang salah. Dan saya berharap pengganti saya, lebih baik dan menjadi sekolah ini lebih maju lagi,” ujarnya.

Baca Juga  Husni-Mo Tetap Komit Perjuangkan Penegerian UNSA

Untuk diketahui, selepas Afendi dimutasi menjadi pengawas, jabatan Kepala SMAN 1 Plampang masih lowong. Tidak hanya itu, Guru Ekonomi dan Bahasa Prancis juga lowong karena bersamaan dengan Afendi, guru setempat, Retno Erawati SE juga dipindahkan. (BUR/SR)

iklan bapenda