Kinerja Bidan Memuaskan, Kematian Ibu dan Bayi di Sumbawa Menurun

oleh -14 views

SUMBAWA BESAR, SR (3/2/2020)

Bupati Sumbawa mengatakan pelayanan yang telah diberikan oleh para bidan selama ini dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayi cukup memuaskan. Angka kematian ibu dan bayi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Angka kejadian kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2016 sebanyak 7 kasus, tahun 2017 sebanyak 4 kasus, 12 kasus tahun 2018 dan 8 kasus tahun 2019. Karenanya Bupati berharap peran bidan selalu berada di garda terdepan dalam mengatasi berbagai persoalan terkait kesehatan ibu dan bayi. “Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2017, proporsi tenaga pemeriksa kehamilan yaitu 85% oleh bidan, 14% dokter kandungan, 0% perawat, dan 1% dokter umum. Dengan demikian peran bidan sangat strategis sehingga perlu terus meningkatkan kompetensinya baik secara formal maupun non formal,” kata Bupati diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd saat membuka secara resmi Musyawarah Ranting IBI Kabupaten Sumbawa sekaligus pengukuhan 16 orang Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumbawa Periode 2019-2024, di lantai III Kantor Bupati, Sabtu (1/2) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan, Drs. H. Didi Darsani APt dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ikatan Bidan Indonesia memiliki peran dan potensi yang luar biasa. Saat ini Bidan yang terdaftar resmi menjadi anggota IBI sekitar 995 orang. “Yang perlu dibicarakan dalam musyawarah ini yaitu bagaimana tugas dan tanggungjawab patut didiskusikan bersama,” ujarnya.

Baca Juga  Pengumuman Seleksi Calon Direktur Perusahaan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat

Sementara Hj. Nur Atika, S.ST selaku Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Sumbawa menyampaikan, bahwa Ikatan Bidan Indonesia Cabang Sumbawa mempunyai 18 ranting yang tersebar di seluruh kecamatan dengan jumlah anggota 995 orang dengan latar belakang pendidikan D-1 Kebidanan sebanyak 1 orang, D-3 sebanyak 899 orang, dan D-4/S-1 sebanyak 91 orang, dan S2 4 orang. (SR)

iklan bapenda