Pembangunan Terowongan Bendungan Beringin Sila Tercepat Sepanjang Sejarah

oleh -39 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (30/1/2020)

Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI, Ir. Iriandi Azwartika menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang telah mendukung dan menfasilitasi pembangunan Bendungan Beringin Sila sehingga berjalan lancar. “Mewakili kementerian PUPR RI, saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa, karena selain memberikan kemudahan dalam hal pembebasan lahan, juga telah menjamin keamanan bagi para pekerja, sehingga pengerjaan bendungan ini berlangsung lebih cepat. Hal ini bisa dijadikan contoh oleh provinsi dan kabupaten lain,” ucapnya saat Breakthrough (penerobosan) Terowongan Pengelak Bendungan Beringin Sila, Kamis (30/1) hari ini. Breakthrough yang dihadiri Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc, Kepala BWS NT I Dr. Hendra Ahyadi, ST. MT., Kadis PUPR Provinsi NTB Ir. H. Lalu Ashar, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda M.Sc dan sejumlah pejabat ini, menandai dimulainya pembangunan Bendungan Utama Beringin Sila. Iriandi berharap ke depan sinergi yang telah terjalin dengan sangat baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini akan terus terjaga sehingga pelaksanaan pembangunan infrastruktur dapat berjalan lancar.

Disampaikan Iriandi, Bendungan Beringin Sila merupakan salah satu dari enam bendungan yang dilaksanakan pembangunannya di NTB selain Bendungan Tanju, Bendungan Mila, Bendungan Bintang Bano, Bendungan Meninting, dan Bendungan Tiu Suntuk. Keberadaan dan pemanfaatan Bendungan Beringin Sila nantinya selain untuk mengairi areal pertanian dan perkebunan masyarakat, juga mampu mereduksi banjir sebesar 10% atau 90 meter kubik perdetik.

Baca Juga  Gelar Aksi Demo, GTT-PTT Tuntut Diangkat Jadi PNS Tanpa Tes

Di bagian lain Iriandi mengapresiasi PT. Brantas Abipraya selaku pelaksana, karena proses pembangunan terowongan pengelak yang di-breakthrough hari ini adalah yang tercepat sepanjang sejarah konstruksi terowongan di Indonesia. Dalam pembangunan terowongan ini, galian terbuka mulai dilakukan sejak Mei hingga Juni 2019. Selanjutnya dilakukan penggalian terowongan dan supporting dilaksanakan pada Bulan Juni 2019 hingga Januari 2020. (SR)

iklan bapenda