Bendungan Utama Beringin Sila Mulai Dibangun

oleh -3 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA 

Ditandai Penerobosan Terowongan Pengelak Sepanjang 700 Meter

DPRD

SUMBAWA BESAR, SR (30/1/2020)

Penekanan sirine oleh Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI bersama Bupati Sumbawa dan unsur Forkopimda ini menandai dilaksanakannya Breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak Bendungan Beringin Sila, Kamis (30/1) hari ini. Pembangunan terowongan pengelak sepanjang 700 meter ini merupakan salah satu tahapan pembangunan bendungan senilai triliunan rupiah tersebut. Penerobosan terowongan ini juga menjadi penanda akan segera dibangunnya Main Dam atau bendungan utama Beringin Sila yang sejak tahun 2019 lalu dimulai pengerjaannya. Ditargetkan bendungan terbesar yang berlokasi di Kecamatan Utan ini ditargetkan rampung pada Tahun 2022 mendatang.

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Dirjen Sumber Daya Air yang telah mendukung penuh pembangunan Bendungan Beringin Sila. Keberadaan bendungan ini nantinya, kata Bupati, diperkirakan dapat mengairi lahan pertanian dan perkebunan masyarakat seluas 4.300 hektar. Diharapkan akan menjadi penyokong ekonomi di wilayah Kecamatan Utan dan Kabupaten Sumbawa. Selain itu, Bendungan Beringin Sila ini juga diproyeksikan akan menjadi salah satu kawasan wisata yang diharapkan mampu memberikan dampak bagi kemakmuran masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Untuk diketahui, selain Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI dan Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc, kegiatan itu dihadiri Kepala BWS NT I Dr. Hendra Ahyadi, ST. MT., Kadis PUPR Provinsi NTB Ir. H. Lalu Ashar, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda M.Sc dan sejumlah pejabat. (SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Cegah Covid dan Jaga Kamtibmas, Digelar Razia Masker dan Sajam