Virus Corona Menyerang, WNI dan Mahasiswa NTB di Wuhan Sehat

oleh -2 views
sumber foto: linetoday

WUHAN CHINA, SR (27/1/2020)

Penyebaran Virus Corona yang cukup misterius di Wuhan, China dan banyaknya informasi yang beredar terutama terkait kondisi mahasiswa dan WNI di sana, membuat Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Cabang Wuhan Periode 2019-2020, angkat bicara. Melalui press releasenya, PPIT memberikan informasi agar tidak terjadi keresahan dan kesimpangsiuran.

Ketua PPIT Wuhan, Nur Musyafak didampingi Sekretarisnya, Rifqa Gusmida S.B dalam press releasenya yang diterima SAMAWAREA, Senin (27/1) mengabarkan bahwa informasi terbaru yang diperoleh PPIT Wuhan dari National Health Commission RRT per Senin, 27 Januari, pukul 14.00 waktu Wuhan, jumlah total orang yang terinfeksi virus Corona di RRT mencapai 2.823 orang, dengan jumlah pasien yang meninggal sebanyak 81 orang. Sehingga Pemerintah China menutup akses masuk dan keluar di 14 kota di Provinsi Hubei. PPIT Wuhan sudah mendata seluruh mahasiswa dan WNI yang sedang berada di Provinsi Hubei yaitu sebanyak 244 WNI (per hari Senin, 27 Januari, pukul 14.00 waktu Wuhan) yang tersebar di Wuhan, Xianning, Huangshi, Jingzhou, Xianyang dan Enshi. PPIT Wuhan melalui ketua ranting sudah menjalin komunikasi dengan seluruh mahasiswa dan WNI, bahwa mereka dalam keadaan sehat dan tidak ada yang terjangkit virus Corona serta dalam pantauan kampus dan ketua ranting masing-masing. PPIT Wuhan dan seluruh perwakilan ranting di Provinsi Hubei selalu berkoordinasi secara aktif dengan KBRI Beijing, Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Direktorat Perlindungan WNI dan BHI melalui group wechat untuk mempermudah komunikasi dan konsultasi. Kemudian PPIT Wuhan dan KBRI Beijing terus berupaya untuk memenuhi persediaan logistik bagi rekan-rekan WNI yang berada di Wuhan dan sekitarnya. “Langkah nyata dan tercepat dari KBRI saat ini adalah mengirimkan pendanaan melalui WechatPay ke akun ketua ranting masing-masing,” kata Nur Musyafak.

Baca Juga  Bunda Niken Beberkan Peran TP PKK NTB Selama Masa Covid-19

Tak hanya itu lanjutnya, PPIT Wuhan, Ketua Ranting dan KBRI telah melakukan rapat koordinasi Senin, 27 Januari pukul 14.00 waktu Wuhan membahas perkembangan evakuasi. Saat ini KBRI terus melakukan koordinasi dengan Menlu, Menkes, Pemerintah Kota Wuhan dan Provinsi Hubei. Karena itu PPIT Wuhan menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak akurat dan diharapkan lebih bijak menerima dan menyebarkan informasi mengenai keadaan mahasiswa di Wuhan. PPIT Wuhan juga menghimbau kepada seluruh wartawan media yang ingin mengetahui kondisi terkini dapat menghubungi narahubung di Wuhan dan mengkonfirmasi kebenaran berita demi menghindari informasi yang kurang akurat terkait kondisi Wuhan saat ini. (SR)

iklan bapenda