Sistem Irigasi Amburadul Penyebab Kumuhnya Lingkungan Arab Kenangan

oleh -1 views

SUMBAWA BARAT, SR (28/1/2020)

Lingkungan arab Kenangan dicap pemerintah menjadi daerah kumuh setiap musim penghujan. Genangan air menjadi pemandangan yang biasa. Kondisi ini bukan karena kesadaran masyarakat yang kurang peka terhadap lingkungan, melainkan sistem irigasi yang amburadul atau tidak terpola, dan tidak nyambung antar irigasi yang satu dengan lainnya. Akibatnya jalan air tidak lancar dan menjadi tergenang.

DPRD

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Lurah Arab Kenangan, Erni Pitriani SE mengakui kondisi dan penyebab lingkungan di wilayahnya kumuh. Setiap musim penghujan membuat masyarakat kerepotan mengatur jalannya air mengingat sistem irigasi tak berfungsi dengan baik. “Selama saya menjadi lurah di wilayah ini, bukan masalah kesadaran masyarakatnya yang membuat daerah Kelurahan Arab Kenangan ini kumuh, tapi sistem irigasi yang tidak bagus. Terbukti setiap kali kami melakukan gotong royong antusiasme masyarakat sangat tinggi dan rata rata keluhan masyarakat adalah tidak nyambungnya irigasi. Ada yang rendah-rendah sekali, ada yang tinggi-tinggi sekali,” akunya.

Selaku Lurah, ia mengaku sudah melaporkannya ke Dinas PU KSB yang kemudian turun untuk melakukan pengecekan. Dinas tersebut akan membangun secara bertahap sistem irigasi yang baru agar lebih lancar. “Target kami tahun ini perbaikan sistem irigasi bisa selesai 50% karena selain akan dibangun oleh Pemda, kami dari kelurahan akan mengintervensi,” tukasnya.

Irigasi ini ungkap Erni menjadi prioritas. Pasalnya kelurahannya akan dicanangkan menjadi kampung kuliner. Untuk mewujudkan ambisi ini, lingkungannya harus bersih dan keluar dari predikat kumuh. Selain itu pihaknya akan mendata masyarakat yang belum memiliki septic tank dalam membuang limbah B3 nya seperti air cuci piring dan kamar mandi, agar diberikan bantuan septic tank. “Kami sudah memintanya ke Dinas PU, Alhamdulillah semua akan dipenuhi, terlebih lagi masyarakat sangat koperatif dan mau kerjasama dalam menuntaskan masalah lingkungan ini,” pungkasnya. (HEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Tanaman Transgenik: Golden Rice (Beras Emas) Menjawab Kebutuhan Vitamin A Kita