Bersama UTS, TAGANA Goes to Campus Gelar Pelatihan Mitigasi Siaga Bencana

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/1/2020)

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bekerjasama dengan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Sumbawa menggelar pelatihan Mitigasi Siaga Bencana di Lapangan Rektorat Universitas Teknologi Sumbawa, Selasa (27/1/2020). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 27—28 Januari tersebut bertujuan menciptakan jiwa kepedulian mahasiswa-mahasiswi UTS maupun berperan aktif dalam mengantisipasi bencana yang akan terjadi di sekitarnya. Kedepan, Tim Siaga Bencana UTS yang kini menamakan diri Sahabat TAGANA akan berada di bawah naungan Warek 3 Universitas Teknologi Sumbawa.

DPRD

Diawali dengan upacara pembukaan, pelatihan ini diikuti mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UTS seperti Mapala, KSR, Racana dan beberapa UKM lainnya serta mahasiswa umum yang juga ingin bergabung menjadi bagian dari Relawan UTS. Pada hari pertama, para peserta mendapat pengetahuan terkait penanganan kebencanaan dari TAGANA. Mulai dari materi pengenalan bencana, pemetaan daerah rawan bencana, SAR, manajemen Posko dan Shelter, serta Assesment. Para Sahabat TAGANA ini mengikutinya dengan penuh antusias. Di hari kedua, Sahabat TAGANA akan full melakukan praktek lapangan tentang manajemen pengelolaan dapur umum, manajemen pendirian shelter, pertolongan pertama, dan simulasi penanganan tanggap darurat.

Dalam sambutannya, Rektor UTS, Dr. Andy Tirta M.Sc menjelaskan bahwa pelatihan ini dalam upaya melahirkan jiwa kepedulian mahasiswa UTS terhadap bencana yang terjadi sekaligus mempersiapkan mereka untuk ikut terlibat dalam penanganan korban bencana. “Dengan adanya pelatihan ini adalah bentuk kesiapsiagaan kita terhadap bencana yang andaikata terjadi di Pulau Sumbawa atau sekitarnya. UTS sudah mempunyai SDM yang banyak, sehingga kami berharap hasil pelatihan ini mampu menjadikan mahasiswa untuk memberikan bantuan strategis kepada masyarakat yang terkena musibah,” jelas Rektor yang akrab disapa Mas Boy ini.

Baca Juga  Pendaki PETANG Kibarkan Merah Putih di Puncak Jaran Pusang

Ia menyampaikan terima kasih kepada Tim TAGANA Kabupaten Sumbawa yang sudah bersedia memberikan pelatihan kepada Mahasiswa UTS dan berharap bisa menjadi contoh bagi kampus lainnya untuk mengadakan kegiatan serupa, sehingga banyak potensi-potensi yang tidak hanya mampu menolong diri dan keluarganya tapi juga orang lain dari bahaya bencana baik yang akan maupun saat terjadinya bencana.

Sementara Ketua TAGANA Kabupaten Sumbawa Dedi Susanto, S.Pd.I mengapresiasi kegiatan pelatihan yang diadakan oleh UTS. “Saya sangat mengapresisasi kegiatan Mitigasi ini khususnya kepada Pak Rektor beserta jajaran dan mahasiswa UTS,” ucap Dedi.

Menurutnya, kegiatan ini TAGANA Goes to Campus ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakannya dan pertamakali di NTB, bahkan kedua di Indonesia setelah Bengkulu. Selama ini TAGANA Sumbawa menggelar kegiatan Goes to School yang ke depannya akan lebih diintensifkan melalui kerjasama dengan Dikbud Kabupaten maupun Propinsi. Ia berharap output dari kegiatan yang dilaksanakan di UTS ini menjadikan mahasiswa minimal mampu menyelamatkan diri dan keluarganya, apalagi orang lain. “Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meminimalisir korban bencana saat terjadi bencana, di samping mampu mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” pungkasnya. (JEN/SR)

DPRD DPRD