Home / Pendidikan / English & Mathematics Festival 2020 Diikuti 256 Pelajar

English & Mathematics Festival 2020 Diikuti 256 Pelajar

STKIP Paracendekia NW Sumbawa Sukses Gelar Ajang Tingkat NTB

SUMBAWA BESAR, SR (26/1/2020)

Sebanyak 256 pelajar dari berbagai sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA, berlaga di English & Mathematics Festival. Kegiatan yang digelar oleh STKIP Paracendekia NW Sumbawa ini membagi lomba dalam 12 kategori. Yaitu English Poetry Reading tingkat SD, SMP dan SMA (3 kategori), English Story Telling tingkat SD dan SMP (2 kategori), English Speech tingkat SMP dan SMA (2 kategori), English Debating tingkat SMA (2 kategori, Tim dan Individu), dan Olimpiade Matematika tingkat SD, SMP dan SMA (3 kategori). Para peserta ini berasal dari berbagai kabupaten/kota di NTB, yaitu Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Dompu, Bima, Kota Bima dan Kota Mataram. Ajang bergengsi ini berlangsung di lingkungan kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa selama 3 hari, 21-23 Januari 2020.

Ketua Penyelenggara, Mr. Furqanul Hakim, S.S., M.Pd menyebutkan, juri dalam lomba ini berjumlah 13 dosen tetap Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika STKIP Paracendekia NW Sumbawa, serta juri tamu sebagai tambahan untuk lomba English Debating. Para dosen juri tersebut memiliki pengalaman penjurian dan pelatihan lomba yang cukup luas dan sebagian di antaranya lulusan dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Australia antara lain University of South Australia, Monash University, Flinders University, Adelaide University, dan Queensland University.

Dosen STKIP Paracendekia NW Sumbawa yang berpengalaman menjuarai lomba debat Bahasa Inggris sampai tingkat internasional ini, sebelum seluruh rangkaian kegiatan dilakukan, para peserta bersama guru pendamping melakukan pendaftaran ulang di panitia registrasi. Acara pembukaan ditandai dengan Opening oleh panitia Festival. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Diknas yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SD, Junaidi S.Pd., M.Pd, Kepala Kantor Cabang Dinas Dikbud Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa diwakili Kepala Seksi Kesiswaan Sukri SAg, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Sumbawa diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Suhardi, SAg, dan Ketua Umum Pengurus Daerah NW Sumbawa, H. Ma’sun, S.Pd., SH.

Sementara Junaidi S.Pd., M.Pd mewakili Kadis Dikbud Sumbawa menyatakan mendukung penuh dan menilai positif digelarnya ajang tersebut. “STKIP ini selalu melakukan hal-hal baru seperti kegiatan ini. Jadi Dikbud sangat mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan sudah ada draf MoU antara Dinas Dikbud dan STKIP Paracendekia NW Sumbawa untuk mendorong kegiatan-kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Ketua STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Dr. H. Iwan Jazadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang pembentukan kompetensi siswa berupa literasi global dan numerasi. Ini sangat diperlukan siswa, mahasiswa dan sumber daya manusia dalam pengembangan diri, interaksi, partisipasi dan kompetisi di dunia pendidikan dan dunia pekerjaan atau profesi di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Terkait dengan tawaran kerjasama dari Dikbud Sumbawa, Doktor Iwanm Jazadi mengaku telah menyiapkan naskah kesepahaman bersama (MoU) yang akan ditandatangani perguruan tinggi yang dipimpinnya dengan tiga instansi pemerintah (termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa). Kerjasama ini terkait dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, pengembangan guru, dan penyaluran bakat minat siswa.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Pengurus Daerah NW Sumbawa, H. Ma’sun, S.Pd., SH memberikan apresiasinya atas penyelenggara festival tersebut. “Sesungguhnya ini yang kita harapkan, event seperti ini seharusnya lebih ditingkatkan, bukan hanya sekedar mencari juara tetapi juga menambah wawasan dari anak-anak,” imbuhnya.

Sukri S.Ag, Kepala Seksi Kesiswaan Kantor Cabang Dinas Dikbud Provinsi NTB juga memberikan apresiasi kegiatan itu. Melalui event ini bisa membantu siswa dalam menghadapi era industri 4.0 dan diharapkan ke depan KCD Dikbud dan STKIP Paracendekia NW Sumbawa bisa bekerjasama dalam event-event seperti ini.

Untuk diketahui, para peserta dari kabupaten tuan rumah berhasil menoreh prestasi yang menggembirakan. Komposisi perolehan juara I pun menyebar di sekolah-sekolah berbeda. Yaitu SMAN 1 Sumbawa (2 kategori, Olimpiade Matematika dan Speech), SMAK Kusuma Mataram (2 kategori, Debating dan best speaker Debating), SMA IT Samawa Cendekia (Poetry), SMPN 1 Sumbawa (Speech), SMPN 2 Lopok (Poetry), MTs Abu Bakar Al-Islamy (Olimpiade Matematika), SMP IT Samawa Cendekia (Story Telling), SDN 1 Alas (Olimpiade Matematika), SD IT Darus Sunnah (Story Telling), SDN Mama (Poetry). Peserta dari sekolah-sekolah lain, seperti SMP dan SMA Ponpes Internasional Dea Malela, SMP SMA Plus Aisyah, MTs dan MA Ponpes Al-Majidiyah NW, SDN 2 Sumbawa, dan SD Islam Dwibahasa Sumbawa (Yayasan Pendidikan Paracendekia NW Sumbawa), dan kabupaten/kota lain, termasuk Bima, Dompu, dan KSB secara umum juga berhasil menempatkan utusan-utusannya sebagai pemenang baik dalam kategori Top Four maupun Top Ten. “Saya tidak menyangka bisa menjadi juara pertama dalam lomba debate tingkat SMA se-NTB ini. Saya berharap event ini bisa berlanjut tahun depan dan jika tidak ada halangan kami bisa mengikuti event ini tahun depan lagi,” ucap salah seorang siswa SMAK Kusuma Mataram saat diwawancarai.

Hal senada juga diungkapkan Vina Asmayanti—Pembina MAN 2 Mataram. Menurutnya mengikuti lomba di Sumbawa adalah yang pertamakalinya, namun siswanya berhasil meraih juara meski menjadi runner up dalam Lomba Debat dan Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat Provinsi NTB tersebut. “Kami gembira atas hasil yang dicapai anak-anak kami. Semoga di ajang-ajang mampu meningkat prestasi lebih baik lagi,” harapnya. (SR)

Lihat Juga

Ketua KPU Sumbawa: SMAN 2 Sumbawa Selangkah Lebih Maju

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (9/8/2020) Pemilihan Ketua OSIS 2020/2021 yang digelar SMA Negeri 2 Sumbawa secara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *