Calon Internal PKS Diwajibkan Cari Pasangan dan Mitra Koalisi

oleh -2 views

Hasil Rapat Evaluasi TPPD PKS

SUMBAWA BESAR, SR (26/1/2020)

Hingga kini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumbawa masih mantap untuk mengusung kadernya sendiri sebagai calon pada Pilkada Sumbawa 2020. Ada dua kadernya yang diputuskan berdasarkan hasil Pemilihan Umum Internal (PUI) PKS. Yakni M Taqdir dan Dr. Andy Tirta M.Sc. Namun untuk bisa diusung sebagai calon dari PKS, kedua kader ini diwajibkan untuk mencari pasangannya dan partai mitra koalisi. Sejauhmana progress keduanya untuk memenuhi kewajibannya ini, kemarin terungkap dalam Rapat Evaluasi Tim Pemenangan Pilkada Daerah (TPPD) PKS.

Ketua TPPD PKS, Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si yang ditemui di kediamannya, Ahad (26/1) mengakui hal tersebut. Ia mengaku telah menggelar rapat evaluasi TPPD dengan menghadirkan dua calon internal Dr. Andy Tirta dan M Taqdir. Hasil rapat TPPD, menghasilkan empat poin. Pertama, tetap memberikan kesempatan kepada kader internal untuk maju sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Kedua, kepada kedua kader internal diharapkan dapat membawa partai yang akan menjadi mitra koalisinya sekaligus pasangannya dalam waktu 1-2 bulan ke depan, terhitung, Sabtu, 25 Januari 2020. Ketiga, TPPD akan kembali melakukan evaluasi di awal Maret mendatang. Dan keempat, Bacabup/bacawabup yang akan diusulkan ke TPPW/DPW dan DPP minimal dua pasangan. “Kami sudah meminta kedua calon internal ini untuk bergerak mencari mitra koalisi dan pasangan, karena kami dituntut oleh mekanisme internal partai untuk mengajukan minimal 2 bakal calon,” ujar Sambirang.

Baca Juga  Teatrikal “Janur Kuning” Awali Detik-detik Proklamasi di KSB

Bagaimana jika kader internal belum bisa memenuhi tuntutan tersebut ? Sambirang mengatakan, akan menjadi evaluasi TPPD. Ini juga akan membuka ruang bagi calon eksternal untuk diusung oleh PKS. “Kita tetap berharap dalam waktu yang ditentukan, kader internal ini mendapat pasangan dan mitra koalisi minimal memenuhi syarat kursi dalam mengusung pasangan calon yaitu 9 kursi, sehingga kita bisa memiliki waktu cukup panjang untuk konsolidasi berikutnya,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda