Komisi III DPRD NTB Desak Bank NTB Syariah Bantu Perekonomian Daerah

oleh -4 views
Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si

MATARAM, SR (23/1/2020)

Ketua Komisi III DPRD NTB, Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si mendesak Bank NTB Syariah benar-benar berperan optimal dalam membantu perekonomian daerah, memberdayakan dan memfasilitasi akses modal masyarakat kecil, UMKM, serta  berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)/ Hal ini sesuai amanah UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Bukan sebaliknya, menambah beban fiskal daerah,” kata Sambirang saat menyampaikan pendapat komisi dalam menanggapi Surat Gubernur NTB tentang permohonan persetujuan DPRD untuk penambahan penyertaan modal berupa barang milik daerah/aset pada Rapat Paripurna, Kamis (23/1).

DPRD

Bank NTB Syariah kata Sambirang, harus dikelola secara profesional dan transparan, dengan menerapkan manajemen resiko, merekrut dan menempatkan SDM andalan mulai dari dewan pengawas, direksi, hingga ujung tombak pejuang Bank NTB Syariah di lapangan. Dalam hal ini Pemda NTB melalui Biro Ekonomi harus terus mengoptimalkan fungsi pembinaan dan pengawasannya, tentu dengan memperhatikan prinsip-prinsip good corporate governance. Bank NTB Syariah harus mampu berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat kecil yang terjerat rentenir atau “bank subuh” di pasar-pasar tradisional, dengan memfasilitasi kredit yang kompetitif serta menempatkan outlet promosi dan pelayanan Bank NTB Syariah pasar-pasar dimaksud. Kredit produktif yang saat ini masih berkisar di angka 10% harus terus dikembangkan.

Diharapkan kepada Bank NTB Syariah memperhatikan dan mempertimbangkan para sales funding yang menjadi karyawan outsourching untuk diangkat menjadi karyawan tetap Bank NTB Syariah dengan menerapkan kebijakan “affirmative action” atau seleksi jalur khusus, dengan tetap mengacu pada azas profesionalitas, standar kepantasan dan regulasi yang berlaku. (JEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Tingkatkan Pelayanan Dasar, Belasan Camat Dilatih