IISBUD dan Rumah Zakat Teken Kerjasama di Momen HUT Sumbawa

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/1/2020)

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea (IISBUD SAREA) terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Kali ini kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Dea Mas, menjalin kerjasama dengan Rumah Zakat. Kerjasama di bidang pemberdayaan dan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke 61, yakni saat launching Desa Berdaya di Desa Pungka Kecamatan Unter Iwis, Rabu (22/1/2020). Ikut menyaksikan Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah, Direktur Program Rumah Zakat Indonesia, para kepala OPD, Camat Unter Iwes, dan kades serta jajaran Iisbud Sarea, UTS, toga, toma, pemuda dan masyarakat setempat.

DPRD

Wakil Rektor 3 IISBUD Sarea, Edy Kurniawansyah menilai program Desa Berdaya yang diinisiasi Rumah Zakat merupakan program yang sangat bagus. Karena itu sangat sayang jika IISBUD tidak ambil bagian di dalamnya terutama bersama-sama dalam pemberdayaan dan pengabdian masyarakat. Ia berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah.

Ditambahkan Wakil Rektor 1, Rusmin Nuryadin bahwa kerjasama dengan berbagai pihak terus dilakukan IISBUD. Sebelum dengan Rumah Zakat, kampusnya sedang menjalin kerjasama dengan UPSI Malaysia dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia. IISBUD juga bekerjasama dengan Lembaga Musik Samawa (LMS) dalam hal peningkatan kreativitas khususnya di bidang seni dan budaya. LMS tempat berkumpulnya seniman-seniman Sumbawa, karena diharapkan dengan kerjasama ini IISBUD menjadi rumah peradaban musisi, seniman dan budayawan. Di bagian lain IISBUD fokus pada program Bikami (Bina Karekter Mahasiswa) dengan harapan agar mahasiswa tidak hanya pandai dan unggul dari segi Iptek, melainkan moral sebagai hal yang utama.

Baca Juga  STAI NW Samawa Lahirkan Sarjana PAI dan Ekonomi Syariah

Sementara Koordinator Rumah Zakat NTB, Repi S mengaku bahagia denan ikut berkecimpungnya lembaga pendidikan dalam program pemberdayaan masyarakat. Dalam mewujudkan masyarakat berdaya ungkap Repi, harus ada kalaborasi dari semua pihak. “Semoga adanya kerjasama dengan IISBUD, kami dapat berbuat banyak hal,” ungkapnya.

Untuk diketahui IISBUD Sarea terdiri dari 3 Fakultas dan 7 Program Studi di antaranya Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Sosiologi dan Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Sastra Indonesia, Program Studi Sejarah, Program Studi Seni Musik dan Program Studi Seni Tari.

Saat ini IISBUD dinakhodai rektor termuda Miftahul Arzak, S.Ikom., MA dan dibantu oleh 3 Wakil Rektor yakni Rusmin Nurjadin, M.Pd sebagai Wakil Rektor, Ramlafatma, M.MI Wakil Rektor 2 dan Edy Kurniawansyah, M.Pd Wakil Rektor 3.

Informasinya, kongkrit dari kerjasama IISBUD dan Rumah Zakat ini salah satunya menggratiskan para pelajar yang berada di Desa Berdaya untuk kuliah di IISBUD. (SR)

DPRD DPRD