Usung Petahana di Pilkada KSB, PKS Tinggalkan Kader Sendiri

oleh -43 views
Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir.H.W. Musyafirin MM dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin ST

SUMBAWA BARAT, SR (22/1/2020)

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumbawa Barat telah mengumumkan arah dukungan partai tersebut pada Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sesuai instruksi DPW dan DPP, PKS akan mengusung petahana, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM dan Fud Syaifuddin ST. Dengan adanya kejelasan ini secara otomatis calon yang mendaftar ke PKS gugur termasuk kadernya sendiri, H. Andi Aziz Amin, M.Sc.

Dalam konferensi persnya, belum lama ini, Ketua DPD PKS KSB, Norvie Apresnyani, ST., MA mengaku telah diperintahkan DPW dan DPP untuk mengumumkan arah dukungan PKS di Pilkada KSB 2020. Disebutkannya tiga calon yang mendaftar ke PKS yakni Ustadz M. Nur Yasin, H. Andi Aziz M.Sc serta pasangan Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM dan Fud Syaifuddin ST. Setelah melalui proses di tingkat DPD, DPW hingga DPP, telah diputuskan bahwa PKS akan mengusung calon petahana yakni pasangan Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM dan Fud Syaifuddin ST. Untuk SK-nya sedang berproses di DPP. Kemungkinan bulan ini SK tersebut sudah terbit. “Kami juga sudah diminta melakukan konsolidasi struktural dan kader untuk memenangkan pasangan Petahana tersebut. Dan ini sudah kami lakukan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Politisi Senior PKS, Abidin Nasar mengakui hal itu. Sebelumnya PKS menerima 3 pendaftar sebagai calon bupati, yang kemudian dikirim ke DPW. Sesuai mekanisme, yang boleh diusulkan DPW ke DPP hanya dua calon. Karenanya PKS memilih H. Andi Azizi dan Petahana, sedangkan Ustadz Nuryasin tidak diusulkan berdasarkan potensi calon, potensi partai pengusung dan survey internal partai. Setelah berproses di DPP, akhirnya diputuskan PKS mengusung Petahana.

Baca Juga  Hari Jadi HMI, Wabup Minta Terus Berkonstribusi dan Beri Keteladanan

Disinggung alasan tidak mengusung kader sendiri, Abidin enggan mengemukakannya. “Kita hanya diminta untuk mengumumkannya, sedangkan keputusannya ada di DPP. Kami yakin Bapak H. Andi Azizi sangat paham mekanisme internal partai dan akan menerimanya sebagai kader,” ujarnya.

Untuk diketahui dalam Pilkada KSB, baru PKS yang sudah mengumumkan arah dukungan. Sedangkan PPP dan PDIP sebagai partai pengusung sekaligus asal petahana selaku kader, belum mengumumkannya secara resmi. (HEN/SR)

iklan bapenda