Bersama Rumah Zakat, Wakil Bupati Sumbawa Launching Desa Berdaya

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/1/2020)

Desa Berdaya di Kabupaten Sumbawa bakal bertambah. Setelah Desa Jorok Kecamatan Unter Iwis, kini sejumlah desa di wilayah yang sama akan mendapatkan program Desa Berdaya. Hal ini ditandai dengan dilaunchingnya Desa Pungka Kecamatan Unter Iwis—salah satu desa yang akan mendapatkan Program Desa Berdaya, sekaligus penandatanganan MoU  dengan Rumah Zakat, Rabu (22/1/2020). Launching ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-61. Kegiatan ini berlangsung meriah karena kehadiran para tamu undangan disambut Toto Rantok, Ratib Rabana Ode, dan Sakeco Sawai—yang merupakan tradisi seni Samawa.

Camat Unter Iwes, Evi Supiati, S.STP., M.Si dalam sambutannya mengatakan, Program Desa Berdaya sebagai upaya untuk membuat masyarakat berdaya dengan sentuhan keterampilan guna pengembangan usaha-usaha rumahan (home industry). Mengingat keberadaannya sangat bermanfaat terutama dalam mengentaskan kemiskinan, ungkap Evi, Program Desa berdaya ini akan dikembangkan ke seluruh desa di wilayah Kecamatan Unter Iwes. Untuk saat ini direncanakan 6 desa yaitu Desa Pungka, Kerekeh, Uma Beringin, Kerato dan Desa Boak. Sementara Desa Jorok sudah berjalan dan berkembang.

Evi berharap para Kades dapat menyiapkan anggaran dalam mendukung pengembangan Desa Berdaya ini. Sebab desa-desa yang mendapat sentuhan program ini memiliki keunggulan yang bisa dikembangkan melalui program desa berdaya. Seperti di Desa Pungka, memiliki Reban Pungka yang dapat dikembangkan sebagai tempat wisata keluarga dan dikelola karang taruna setempat. Di desa lainnya terkenal dengan kuliner maupun kerajinan lainnya. “Semoga program ini menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Sumbawa,” harap pejabat inovatif ini.

Baca Juga  Gubernur NTB Bantu Mahasiswa di Asrama STAHN Gde Pudja

Sementara di tempat yang sama, Direktur Program Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mengatakan, Rumah Zakat merupakan lembaga untuk mengumpulkan dana-dana zakat maupun bantuan dari donatur baik dalam negeri maupun luar negeri. Dana tersebut dikelola dalam bentuk pemberdayaan masyarakat, salah satunya Program Desa Berdaya ini. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang telah memberikan bantuan dan dukungannya dalam program pemberdayaan desa. Semoga dana bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya singkat.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah yang hadir dalam kesempatan itu mengaku sangat bersyukur, karena pada hari ulang tahun ke-61 Kabupaten Sumbawa begitu banyak kebahagiaan yang dirasakan, salah satunya melaunching Desa Berdaya Bersama Rumah Zakat di Desa Pungka Kecamatan Unter Iwes ini. Menurut Wabup, program Desa Berdaya tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Rumah Zakat terhadap pembangunan di perdesaan, dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat pemberdayaan masyarakat yang tinggal dan menetap di desa. “Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program ini,” tegasnya.

Pemerintah Daerah ungkap Wabup, berkomitmen untuk membantu menyukseskan program tersebut, karena sangat sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Sumbawa, untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sampai ke pelosok-pelosok. “Sungguh, saya mengapresiasi Rumah Zakat sebagai lembaga non pemerintah, yang sangat komit dalam menyalurkan kebahagiaan dari para donatur kepada penerima manfaat, salah satunya melalui kolaborasi dengan berbagai pihak menciptakan pemberdayaan masyarakat melalui program desa berdaya,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda