Ciptakan Sumbawa Bersih, Gerakan 61 Menit “Ingo Roro, Kokat” Dilaunching

oleh -28 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/1/2020)

“Alhamdulillah pagi ini kita dapat berkumpul bersama, pada kegiatan launching Gerakan 61 Menit “Ingo Roro, Kokat”, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-61 Kabupaten Sumbawa Tahun 2020,” ucap Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat melaunching secara resmi Gerakan 61 Menit “Ingo Roro, Kokat” di Taman Sahabat Kelurahan Brang Bara Sumbawa Besar, Jum’at (17/1/2019). Hadir di acara launching tersebut Sekda Sumbawa, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, para guru dan siswa-siswi sekolah serta segenap lapisan masyarakat.

Menurut Wabup, Gerakan “Ingo Roro, Kokat” ini sejatinya merupakan kebiasaan baik yang ditanamkan para orang tua terdahulu, yang mencerminkan betapa masyarakat Sumbawa adalah masyarakat yang cinta kebersihan dan keindahan. “Hari ini, spirit tersebut kita angkat kembali seirama dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-61 Kabupaten Sumbawa, yakni “Berani Bersih, Hebat !,” cetusnya.

Gerakan “Ingo Roro, Kokat” yang bermakna pungut sampah dan buang pada tempatnya, tambah Wabup yang akrab disapa Haji Mo’, adalah aksi sederhana untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Karenanya sejak saat ini dan secara berkesinambungan, dipastikan bahwa Tana’ Samawa akan menjadi kabupaten yang bersih dan sehat, tidak lagi ditemukan sampah-sampah yang berserakan dan lokasi-lokasi penimbunan sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Selepas launching dan gotong royong, Wabup beserta seluruh siswa dan masyarakat melanjutkan kegiatan memungut sampah sepanjang jalan dari Taman Sahabat menuju Lapangan Pahlawan. Kegiatan serupa juga serentak dilaksanakan di semua kecamatan se Kabupaten Sumbawa. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Kapasitas Agen PDPGR Diperkuat