Pertama di Pulau Sumbawa, UNSA Gelar Seminar Nasional IPPeMas

oleh -34 views

SUMBAWA BESAR, SR (6/1/2020)

Mengawali tahun 2020 ini, Universitas Samawa (UNSA) mengadakan sebuah agenda prestisius dalam membangun inovasi dan kreatifitas penelitian dan pengabdian. Kegiatan yang dikemas melalui agenda Seminar Nasional Inovasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (IPPeMas) 2020 ini mengambil tema “ Inovasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam

Menunjang Era Industri 4.0”. Dalam Agenda itu juga mengambil bidang multi disiplin ilmu, yang memberikan ruang kepada akademisi, guru, praktisi, masyarakat umum, peneliti, dan lain-lain untuk berkontribusi sebagai presenter ataupun peserta untuk mempresentasikan penelitiannya melalui agenda tersebut. Selain itu, kegiatan ini diikuti para peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Sampai saat ini sudah ada beberapa peserta dari luar Sumbawa yang mendaftar, di antaranya dari IPB, Unpad, Undip, Universitas Siliwangi, Unram, IKIP Mataram, dan BPS. Kemungkinan beberapa Universitas lainnya akan menyusul hingga tanggal yang ditentukan. Sementara peserta dari wilayah Sumbawa yang sudah mendaftar adalah beberapa dosen dan mahasiswa dari UNSA, UTS, IISBUD, STAI NW, SMA 1 Lape, SMA 1 Maronge, SMA Seteluk, MAN 2 Bima, STIE Bima, dan lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc sebagai keynote speaker. Sementara invited speakers adalah Dr. Gunawan, M.Pd (Reviewer RistekDikti dan Peneliti Bidang Pendidikan Fisika), Dr. Ir. Evron Asrial, M.Si (Peneliti Bidang Pengelolaan Pesisir dan Laut), Dr. Ieke Wulan Ayu, STP., M.Si (Ketua LPPM UNSA), H. Wirawan Ahmad, S.Si., MT (Birokrat/Kepala BPKAD Kabupaten Sumbawa).

Baca Juga  Jaksa Masuk Sekolah Sasar SMAN 1 Kota Mataram

Untuk diketahui, pendaftaran dan penerimaan abstrak pada tanggal 20 Desember 2019–10 Januari 2020, Full Paper + Pembayaran 11-12 Januari 2020, dan pelaksanaan seminar 23 Januari 2020 di Auditorium UNSA. Adapun biaya pendaftarannya, untuk pemakalah, mahasiswa S1 Rp 100.000, dan Dosen/Umum Rp. 250.000. Sementara untuk peserta, Mahasiswa S1 Rp 50.000, dan Dosen/Umum Rp 100.000. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link http://bit.ly/daftar-semnas-ippemas . Untuk template abstrak dan artikel dalam melalui link http://bit.ly/template-ippemas.

Rektor UNSA, Dr. Syafruddin SE., MM, menyambut baik agenda tersebut karena merupakan seminar nasional pertama di Pulau Sumbawa yang melibatkan multi disiplin ilmu. Karenanya Ia mengundang seluruh stakeholder menjadi bagian dari agenda prestisius ini. “Sungguh sayang jika kegiatan penting ini harus dilewatkan begitu saja, daripada harus mengikuti kegiatan yang sama di luar daerah dengan biaya mahal, saya kira lebih baik mengikuti agenda tersebut di dalam daerah, dan UNSA menyiapkan semuanya,” ujarnya. (SR)

iklan bapenda