Manfaatkan Momen Dies Natalis UNSA, Mahasiswa Belajar Berwirausaha

oleh -76 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (28/12/2019)

Bazar dan Expo “Kewirausahaan dan Teknologi ramaikan Dies Natalis UNSA ke 21. Kegiatan yang dipusatkan di halaman Parkir Kampus ini digelar selama lima hari, 24–28 Desember 2019 sekaligus malam puncak Dies Natalis UNSA. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan fashion show, bakilung, dan lomba karaoke dosen, staf dan mahasiswa, serta pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Muhammad Iksan AW, SE., M.Pd. selaku Koordinator Bazar dan Expo “Kewirausahaan & Teknologi” mengatakan, bazaar dan expo ini sebagai awal bagi seluruh mahasiswa UNSA agar berpotensi menjadi pengusaha sukses dan tangguh dalam menghadapi tantangan persaingan bisnis global. Program ini juga bertujuan untuk mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi UNSA agar tetap exis mendukung pengembangan program-program kewirausahaan baik di dalam maupun luar kampus. Bazar dan Expo ini juga lanjut Ikhsan, merupakan ajang para mahasiswa se-Universitas Samawa untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka, ajang pertukaran ide dan kreativitas bisnis antar mahasiswa. Sehingga, para mahasiswa tersebut diharapkan mendapatkan pengetahuan, ide, keterampilan, jaringan dan sikap atau jiwa wirausaha tangguh ketika mereka terjun kemasyarakat setelah mereka menyelesaikan studi di Universitas Samawa. “Hal yang tidak kalah penting dari kegiatan ini terjalinnya hubungan baik antar mahasiswa dari berbagai latar belakang Program Studi, sehingga dengan terjalinnya hubungan baik antar para mahasiswa, harmoni dalam keberagaman dan kekuatan dalam keberagaman akan memperkokoh kekuatan wirausaha mahasiswa dalam menghadapi persaingan global,” ungkapnya, seraya melanjutkan bahwa harapan paling utama adalah para mahasiswa sebagai agent of change yang dapat mengubah pola pikir (mindset) mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya dari pola pikir pencari kerja (jobseeker) menjadi pencipta lapangan kerja (jobcreator),” harapnya.

Baca Juga  Penting !!! Untuk Diketahui Guru yang Disertifikasi

Ketua Panitia Dies UNSA Dr. Adnan Ibrahim, M.Pd., mengatakan, perayaan kegiatan Dies Natalis UNSA disemarakkan dengan berbagai kegiatan perlombaan termasuk Bazar dan Expo. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa belajar berwirausaha. Mereka juga dapat memamerkan produk baru dan hasil inovasi mereka, terutama hasil inovasi mereka yang lolos pada kompetisi program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Simbelmawadikti. Ia menambahkan, pada pendanaan tahun 2019 ini ada 8 PKM  UNSA yang didanai Dikti dan 2 PKM yang lolos ke Pimnas. Produk PKM tersebut dipamerkan oleh mahasiswa di stand prodinya masing-masing. Mereka juga dapat memamerkan rencana produk PKM yang akan mereka usulkan untuk pendanaan tahun 2020.

Terpisah, Rektor UNSA Dr. Syafruddin, SE., MM., menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan itu. Menurutnya, ini implementasi dari kegiatan akademik secara empiris. Kedepan, ia berharap kegiatan ini akan tetap dilaksanakan dan dikembangkan dengan tema-tema yang lebih kontemporer. “Saya sebagai pimpinan sangat mengapresiasi panitia yang telah bekerja keras menyukseskan agenda ini, yang menjadi wadah tempat menyalurkan seluruh kreatifitas mahasiswa, baik dalam bidang entrepreneurship, seni, budaya, dan sebagainya. Semuanya merupakan bagian dari implementasi Kegiatan akademik itu sendiri secara empiris. Kedepan kegiatan ini akan tetap dilaksanakan dan dikembangkan dengan tema-tema lebih kontemporer,” pungkasnya. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *