Sumbawa Tuan Rumah Konferensi Internasional Perubahan Iklim APO

oleh -9 views

Digelar Juli 2020 dan Dihadiri Delegasi dari 20 Negara

TOKYO, SR (19/12/2019)

Setelah melalui negosiasi yang cukup alot, akhirnya Asian Productivity Organization (APO) menyetujui diadakannya Konferensi Internasional Perubahan Iklim di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada Bulan Juli 2020 mendatang. Kesepakatan ini diperoleh dalam kegiatan Courtesy Call with Secretary General of APO and APO Study Visit pada Senin, 16 Desember 2019 kemarin. Hadir mewakili Indonesia, Delegasi Kementerian Pertanian (Kementan) didampingi delegasi dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Kementerian Desa dan PDTT (Kemendesa). Lokasi pertemuan berada di kantor APO di kawasan Stasiun Tokyo, Jepang. Lebih tepatnya di Marunouchi Nijinashi Building, 3 Chome-2-3 Marunouchi, Chiyoda City, Tokyo 100-0005, Japan. Persis di depan pintu masuk Istana Kaisar (Imperial Palace) bagian timur.

APO merupakan organisasi antar pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas negara anggotanya di bidang industri, pariwisata, pertanian, dan pembangunan pedesaan. Saat ini negara anggota APO berjumlah 20 negara dari kawasan Asia, di antaranya Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Malaysia, India, Pakistan, dan Indonesia. Jabatan tertinggi APO adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang saat ini dijabat oleh Dr. Mochtan dari Indonesia. Dr. Mochtan menjabat Sekjen APO mulai September 2019 sampai dengan September 2022 dan masih memungkinkan untuk dipilih kembali sampai dengan tahun 2025.

Konferensi perubahan iklim itu sendiri akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2020 selama 3 hari (Selasa-Kamis) dan akan dihadiri oleh 40 delegasi dari 20 negara anggota APO dan 20 delegasi dari Dalam Negeri. Selain berbagi pengalaman terkait upaya peningkatan ketahanan atas dampak perubahan iklim di kawasan Asia, konferensi ini juga akan menjadi ajang pengenalan produk lokal dan wisata unggulan di Sumbawa, termasuk menikmati keindahan Pulau Moyo. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kondisi Jalan Menuju Kecamatan Batulanteh Desa Baturotok