Home / Pendidikan / Haji Sahril: Anggota Pramuka Harus Jadi Teladan dan Pelopor Anti Narkoba

Haji Sahril: Anggota Pramuka Harus Jadi Teladan dan Pelopor Anti Narkoba

SUMBAWA BESAR, SR (15/12/2019)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril S.Pd., M.Pd membuka secara resmi Jambore Ranting (Jamran) tahun 2019 di Bumi Perkemahan Selante, Kecamatan Plampang, Minggu (15/12/2019). Kegiatan itu diikuti 682 orang dari 37 sekolah mulai dari SD/MI hingga SMP/MTs. Ini sekaligus masa ta’aruf calon anggota keluarga ambalan penegak (Mata Cakap) di Lapangan Desa Selante.

Dalam sambutannya, Haji Sahril mengatakan bahwa Kwarran Plampang adalah Kwarran kedua yang melaksanakan Jambore Ranting (Jamran) setelah Kwarran Kecamatan Tarano. Jamran yang menjadi ajang pengenalan kepenegakan bagi pramuka penggalang ini sebagai upaya dalam pembentukan karakter anggota pramuka yang terbebas dari kenakalan remaja dan masalah hukum lainnya, termasuk narkoba.

Ia berharap setelah mengikuti kegiatan ini, peserta akan memperoleh wawasan baru yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya, serta memiliki kemampuan untuk menolak penyalahgunaan narkoba. “Sebagai anggota pramuka harus mengetahui apa itu narkoba, paham akan permasalahan yang ditimbulkannya, sadar akan bahayanya, dan terampil menolaknya baik menyalahgunakan maupun mengedarkan. Dari sudut pandang agama, narkoba diharamkan karena memiliki dampak negatif. “Anggota Pramuka harus menjadi teladan dan pelopor anti narkoba bagi generasi muda lainnya yang tentunya dapat membentuk imunitas dari ancaman narkoba, karena narkoba dapat mengancam kelangsungan hidup masa kini dan masa depan generasi bangsa,” papar cetus Haji Sahril. (BUR/SR)

Lihat Juga

Wagub Minta Ponpes Istiqomah Terapkan Protokol Kesehatan

MATARAM, samawarea.com (29/7/2020) Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Provinsi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *