Home / HukumKriminal / Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim Sumbawa Gelar Operasi Bibir Sumbing

Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim Sumbawa Gelar Operasi Bibir Sumbing

SUMBAWA  BESAR, SR (13/12/2019)

Sebanyak 17 dari 31 orang yang mendaftar, menjalani operasi bibir sumbing gratis. Operasi yang dipusatkan di Rumah Sakit Hl Manambai Abdul Kadir jalan lintas Sumbawa—Bima KM 17, Jumat (13/12)  merupakan rangkaian dari Bhakti Sosial yang digelar Kodim 1607/Sumbawa bekerjasama dengan rumah sakit setempat dan PT. Smile Trans. Kegiatan yang diikuti masyarakat se-Pulau Sumbawa ini dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-74 pada tanggal 15 Desember 2019.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf Samsul Huda SE., M.Sc, kepada wartawan mengatakan, Baksos Operasi Bibir Sumbing ini dipusatkan di dua tempat di NTB, salah satunya di Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir untuk melayani para pasien di Pulau Sumbawa. Operasi ini dilaksanakan mulai 12 Desember dan berakhir 15 Desember besok. Operasi ini akan dilanjutkan di Pulau Lombok yang dipusatkan di Rumah Sakit Angkatan Darat. Selain Operasi Bibir Sumbing, ungkap perwira low profil ini, direncanakan akan melaksanakan Operasi Katarak. Dengan bhakti social yang dilaksanakan ini, Dandim berharap bisa memaksimalkan kehadiran TNI bekerjasama dengan stakeholder lainnya baik NGO maupun rumah sakit di Sumbawa untuk memberikan faedah bagi masyarakat NTB khususnya Pulau Sumbawa.

Secara terpisah, Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han.,  menyampaikan TNI dan rakyat tidak bisa dipisahkan karena TNI lahir, hidup dan berkembang di tengah-tengah rakyat sehingga sangat tepat dikatakan bahwa rakyat adalah ibu kandung TNI.

Menurutnya, kegiatan Baksos tersebut merupakan implementasi dari pengabdian Prajurit TNI AD kepada rakyat khususnya masyarakat NTB untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama warga yang membutuhkan pelayanan ini. “Baksos operasi bibir sumbing ini, selain dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 74 tahun 2019, juga untuk membantu masyarakat yang mengalami cacat bawaan sejak lahir yang mengalami kesulitan dalam berbicara karena bibir sumbing,” ujar Danrem.

Baksos tersebut diharapkan dapat meningkatkan dan memantapkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat khususnya di wilayah NTB sekaligus ikut berpartisipasi mendukung suksesnya program Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, cerdas dan berkualitas menuju NTB yang gemilang. Acara baksos yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan dihadiri perwakilan PT. Smile Trans, Plh. Karumkit Tingkat IV Mataram Mayor Ckm Drg. Farid Munandar bersama Pasi minkes Rumkit, Kasdim Sumbawa Mayor Arm Huwairy dan Yayasan Sekar Lintas Nusantara Dengan Team Dokter Bedah Dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Adapun jumlah pasien yang sudah siap operasi bibir sumbing pada hari pertama sebanyak 17 orang pasien dari Kabupaten Sumbawa.

Sementara Direktur HL RSMA melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian, L. Ashari Cahyadi menyatakan akan mendukung penuh proses kegiatan bhakti social TNI ini. Salah satu dukungannya, selain menyediakan tempat juga dokter spesialis bedah. “Kami memberikan dukungan maksimal sampai Baksos ini berakhir,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Berprestasi, Anggota Polres Lombok Tengah Dapat Reward

LOMBOK TENGAH, samawarea.com (3/8/2020) Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK., memberikan penghargaan kepada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *