Home / Pemerintahan / Bincang Pembangunan: Pemerintahan Husni-Mo Bersih dan Sehat

Bincang Pembangunan: Pemerintahan Husni-Mo Bersih dan Sehat

SUMBAWA BESAR, SR (8/12/2019)

“Membangun Infrastruktur Membangun Sumbawa” adalah tema yang diangkat pada kegiatan Bincang Pembangunan Bersama Pers di Pantai Baru Labuhan Sumbawa, Sabtu (7/12). Kegiatan yang dipandu Kabag Humas dan Protocol Setda Sumbawa, H. Tajuddin SH ini menghadirkan Sekda Sumbawa, Kadis PUPR, Kadis PRKP, Kepala Bappeda dan Kabag Pembangunan Setda Sumbawa.

Dalam pengantarnya, Sekda Drs. H. Hasan Basri MM mengatakan, pers adalah mitra strategis pemerintah daerah. Pemda membutuhkan pers dalam menyampaikan informasi tentang program-program pembangunan kepada masyarakat luas. Tidak mungkin informasi tersebut sampai kepada masyarakat tanpa peran wartawan (pers). Melalui pers juga, pemerintah mendapatkan masukan dan kritikan. Dengan kritikan ini akan memacu kinerja Pemda dan jajarannya.

Berbicara tentang pembangunan, Haji Bas—akrab Sekda disapa mengilustrasikan Kabupaten Sumbawa di bawah kepemimpinan HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah (Husni—Mo) bagaikan orang yang sehat. Orang yang sehat pasti serela makan dan minumnya bagus, jalannya tegak dan bersemangat. Pemda Sumbawa sudah memenuhi criteria tersebut. Indikatornya, adalah opini BPK yang menetapkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap penggunaan dan pengelolaan keuangan. Sumbawa sudah meraih WTP sebanyak 7 kali secara berturut-turut. Artinya anggaran daerah telah digunakan dan teralokasikan dengan baik. Ukuran selanjutnya adalah SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) dan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan). Pemda Sumbawa mendapat apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) atas prestasi Kabupaten Sumbawa yang mengalami peningkatan dari penilaian CC menjadi B. LAKIP merupakan produk akhir SAKIP yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD. Dengan prestasi ini, Pemda Sumbawa dinilai sudah menggunakan anggaran secara efisien, efektif, sah dan benar.

Kemudian LPPD (Laporan Penyelenggaraan dan Pemerintahan Daerah). Kabupaten Sumbawa menjadi yang terbaik di NTB dan berada di rangking 24 dari ratusan kabupaten/kota di Indonesia. Ini menjadi bukti bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah sudah berjalan di atas rel yang benar. “Progres positif ini akan terus ditingkatkan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa Mengucapkan Dirgahayu Indonesia ke-75

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (7 Agustus 2020)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *