Jelang Pilkada, Bawaslu Sumbawa Rekrut Ratusan Panwascam

oleh -27 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/11/2019)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut terlibat aktif dalam pengawasan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020 mendatang. Kesempatan ini sehubungan dengan akan dibentuknya Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Karena itu Bawaslu akan merekrut ratusan Panwascam tersebar di semua kecamatan wilayah Kabupaten Sumbawa.

Ketua Kelompok Kerja Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Lukman Hakim SP M.Si yang ditemui di ruang kerjanya, mengakui bahwa Bawaslu Sumbawa membuka rekrutmen Panwascam. Pendaftaran ini telah dibuka sejak 13 November dan akan berakhir 26 November mendatang. Selanjutnya 27 November hingga 4 Desember, pengembalian berkas pendaftaran. Lukman yang juga Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sumbawa ini berharap kepada masyarakat Sumbawa yang memenuhi syarat dapat mencalonkan diri sebagai Panwascam dan membantu tugas-tugas Bawaslu melakukan proses pengawasan di tingkat kecamatan. Semua memiliki kesempatan, asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Di antaranya berusia paling rendah 25 tahun, tidak pernah pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana 5 (lima) tahun atau lebih. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu. Tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya 5 tahun pada saat mendaftar. Tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota dewan perwakilan. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, bersedia bekerja penuh waktu, dan berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

Baca Juga  Tokoh Oposisi Nasional Djoko Edhi Abdurahman “Ngompol” di Mi6

Dalam perekrutan Panwascam kali ini, Lukman mengaku ada yang berbeda dari perekrutan serupa sebelumnya. Yakni peserta mengikuti tes tulis secara online menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Tes) yang nantinya dipusatkan di SMA Negeri 3 Sumbawa. Dengan sistem ini, peserta langsung mengetahui nilainya termasuk peringkatnya, sehingga dapat dipastikan siapa yang lulus untuk mengikuti tes selanjutnya. “Tidak ada lagi yang bisa bermain mata dengan panitia atau oknum-oknum lainnya. Tidak ada lagi KKN. Semua bersaing secara bebas,” tukasnya.

Bawaslu tegas Lukman, menginginkan melalui perekrutan yang professional dan bebas dari segala kepentingan, mampu melahirkan Panwascam yang benar-benar handal, jujur, serta memahami tentang kepemiluan maupun pengawasan. Sebab disadari bahwa Pilkada ini sangat rentan gesekan dan iming-iming. “Jangan sampai kami rekrut Panwascam yang ada unsur main mata dengan salah satu calon, kami tegas di sini. Kami memilih orang yang professional, bisa bekerja dan menempatkan sesuatu pada tempatnya,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

iklan bapenda