PLTMGU Lombok Peaker Beroperasi Bulan Ini, Tidak Ada Lagi Pemadaman Listrik

oleh -19 views

MATARAM, SR (19/11/2019)

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol H Purnama SIK, Kadis Kominfotik Pemrop NTB Gde Putu Aryadi dan beberapa media nasional melakukan kunjungan ke PLTU Jeranjang dan PLTMGU Lombok Peaker yang merupakan proyek PT. PLN Wilayah NTB, Senin (18/11) kemarin. Kegiatan tersebut bertujuan agar media dan stakeholder melihat secara langsung proses pekerjaan yang dilakukan oleh Tim PLN di PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Jeranjang berkapasitas 3×25 MW maupun upaya percepatan pengoperasian PLTMGU (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap) Lombok Peaker 130 MW. Pengoperasian pembangkit listrik ini sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan ketersediaan daya listrik di Lombok sehingga nantinya masalah pemadaman listrik tidak terjadi lagi.

DPRD

Dijelaskan manajer proyek, bahwa estimasi pekerjaan pemeliharaan di PLTU Jeranjang dengan kapasitas 25 MW akan selesai pada 20 Desember 2019, sedangkan unit yang lain juga diharapkan dapat segera beroperasi pada minggu ketiga November 2019. Untuk PLTMGU Lombok Peaker di Karang Bagek Banjar Getas Ampenan ini rencana akan beroperasi maksimal pada akhir Desember 2019. Namun saat ini sudah beroperasi tiga mesin yang dapat menghasilkan daya listrik sebesar 10 MW sehingga akan dapat memperkuat sistem kelistrikan Lombok dengan target waktu pada minggu ketiga November 2019. Diyakinkan kedepan tidak ada lagi pemadaman bergilir seperti saat ini. Masyarakat agar mengerti dan memaklumi kondisi pembangkit listrik yang sedang berproses secara bertahap ini.

Baca Juga  Marak Curi Ternak Jalur Laut, Kapolda Bantah Polairud “Tidur”

Hal tersebut dibuktikan dengan setelah rombongan melihat sendiri mesin, fasilitas, peralatan di PLTMGU tersebut bahwa memang benar adanya kegiatan pemeliharaan mesin dan percepatan pekerjaan pada pembangkit listrik yang baru ini. Ini adalah upaya PLN Wilayah NTB untuk mencukupi ketersediaan listrik di Lombok untuk masa yang akan datang. “Terlebih lagi nantinya Pulau Lombok akan terus maju pembangunannya seperti adanya KEK Mandalika, Sirkuit MotoGP, pembangunan hotel dan resort atau kebutuhan masyarakat yang memerlukan,” ujar Kombes Purnama yang mendampingi GM PT. PLN Wilayah Nusra.

Kabid Humas yang ikut meninjau percepatan pekerjaan tersebut, mengapresiasi kinerja PT. PLN Wilayah NTB yang terus membangun proyek pembangkit listrik di area Lombok sehingga pasokan dan kebutuhan listrik yang merupakan hajat hidup orang banyak ini dapat tercukupi. (SR)

 

DPRD DPRD