Home / Pemerintahan / DPRD Sumbawa Tetap Butuh Sikap Kritis Wartawan

DPRD Sumbawa Tetap Butuh Sikap Kritis Wartawan

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2019)

Ketua DPRD Sumbawa, A Rafiq menyatakan jalinan kemitraan DPRD dengan insan pers dinilai sangat penting dan strategis terutama dalam mengawal proses pembangunan di daerah untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Wartawan merupakan pilar keempat demokrasi yang sangat menentukan arah pembangunan di daerah. “Untuk itu kami ingin jalinan kemitraan ini semakin ditingkatkan,” ungkap Rafiq—akrab politisi PDIP ini disapa saat mengundang sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa di ruang rapat utama Lantai II Gedung DPRD Sumbawa, Senin (11/11). Hadir dalam pertemuan silaturrahim itu selain ketua DPRD, juga Wakil Ketua DPRD Syamsul Fikri AR S.Ag M.Si, beserta anggota Gita Liesbano, Budi Kurniawan, Sekwan, H Amri S.Sos M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setwan, I Made Patria AP, Kasubag Humas Dewan Elis Permatasari dan jajarannya. Selain itu Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain bersama pengurus dan sejumlah anggota.

Rafiq mengaku sengaja mengundang wartawan. Selain untuk bersilaturrahim, juga menilai keberadaan wartawan sangat menunjang kinerja mereka sebagai legislator. Bukan hanya sebagai sumber informasi tapi juga corong mereka dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Namun Rafiq menegaskan jalinan kemitraan tersebut tidak untuk membungkam sikap kritis wartawan terhadap kinerja jajarannya. Ia tetap berharap wartawan tetap mengawasi kinerja mereka agar menjadi lebih baik dan amanah dalam melaksanakan tugas-tugas kedewanan. Tentunya sikap kritis yang dimaksud bersifat konstruktif untuk perbaikan kinerja serta bersama-sama mengawal pembangunan daerah. Pastinya dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya mengacu pada kode etik jurnalistik, bersikap obyektif dan memberitakan sesuatu secara berimbang. “Jalinan kemitraan ini tidak untuk mengamputasi sikap kritis para sahabat wartawan sekalian,” tandasnya.

Ditambahkan Syamsul Fikri AR S.Ag., M.Si  bahwa pertemuan silaturrahim itu menjadikan langkah yang baik untuk terus terjalinnya kerjasama antar dua lembaga ini. Bahkan Ia mengaku sangat mendukung apapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan PWI Sumbawa. “Kami siap mensupport. Pertemuan ini sangat bagus dan akan kami agendakan pertemuan dengan wartawan secara rutin, di antaranya membahas masalah-masalah daerah,’’ pungkasnya.

Sebelumnya  Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain B.Sc mengatakan, silaturrahim ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat dan meningkatkan hubungan kemitraan yang selama ini sudah terjalin. Dengan kemitraan ini kedua lembaga dapat saling mengisi dan memberikan konstribusi dalam kerangka membangun daerah. Selain itu, kehadiran PWI memenuhi undangan DPRD sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya wartawan ‘bodong’ atau yang mengaku-ngaku sebagai anggota PWI Sumbawa. JH tak menampik banyak organisasi wartawan. Namun ada beberapa yang diakui Dewan Pers yakni PWI, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), serta Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). (JEN/SR)

Lihat Juga

Gubernur Luncurkan Kampung Sehat Kelana “Ijo Berseri”

LOMBOK TENGAH, samawarea.com (12/8/2020) Usai meresmikan program “Mawar Emas” di Masjid Al-Ikhsan, Keruak, Lombok Timur, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *