Pertahankan Tradisi, Siswa SMAN 2 Sumbawa Lolos Lomba Kepak Nasional

oleh -47 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/10/2019)

SMA Negeri 2 Sumbawa menjadi Kepak tingkat Nasional sebagai tradisi. Sebab sejak 2016 secara berturut-turut hingga 2019 berhasil mengirimkan siswanya ke ajang bergengsi tersebut. Pada Tahun 2019 ini, Shelly Melsyan Silva–pelajar kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Sumbawa ini, terpilih sebagai peserta lomba Penguatan Pendidikan Karakter (Kepak) tingkat nasional. Lomba Kepak ini berorientasi seputar tentang dunia kepramukaan. Selly sebelumnya mengharumkan nama sekolah dan daerah setelah terpilih sebagai anggota Paskibrakan Nasional tahun 2019.

Untuk lolos pada Kepak tingkat nasional ini, Shelly harus bersaing dengan 80 pelajar dari 10 kab/kota di NTB. Seleksi tingkat provinsi yang berlangsung di Mataram tersebut berlangsung dari tanggal 9—12 Oktober lalu. Hasilnya ada 10 peserta (5 putra dan 5 putri) berhasil terpilih untuk mewakili NTB ke nasional. Salah satunya Shelly. Bagi Shelly keikutsertaannya di lomba ini merupakan yang pertama kalinya. Ia tidak menyangka dapat terpilih, mengingat persiapan yang dilakukannya cukup mepet. “Persiapannya mendadak, hanya sehari saja. Informasi yang disampaikan panitia ke sekolah juga tiba-tiba. Pesertanya langsung ditunjuk. Tapi Alhamdulillah, berkat kerja keras saya dan atas bimbingan guru Pembina, akhirnya bisa ke nasional,” ucap Shelly bersyukur.

Dari Kabupaten Sumbawa sendiri, ada 6 pelajar yang ikut seleksi tingkat provinsi. Selain dari SMAN 2 Sumbawa, ada juga pelajar dari SMAN 1 Sumbawa, SMAN 3 Sumbawa, SMAN 4 Sumbawa, SMAN 1 Lape dan SMAN 1 Moyo. Namun, hanya pelajar dari SMAN 2 Sumbawa yang lolos ke nasional. Sama seperti saat menjadi anggota Paskiraka Nasional, di lomba Kepak tingkat nasional, yang berlangsung tanggal 3 November di Bogor Jawa Barat ini, Shelly berjanji akan memberikan hasil yang terbaik. Karena itu, ia akan menambah lagi ilmu pengetahuannya tentang seputar dunia kepramukaan.

Baca Juga  UN SMA di Sumbawa, 31 Tidak Lulus

Sementara Kepala SMAN 2 Sumbawa, Drs H Muhammad Tahir, MPd, mengaku bangga atas prestasi yang diraih Shelly. Apalagi ini merupakan kedua kalinya Shelly berhasil ke nasional, setelah menjadi anggota Paskibraka nasional. Khusus lomba Kepak tingkat nasional kata Haji Tahir, adalah tahun keempat secara berturut-turut sejak tahun 2016 siswa di sekolahnya selalu berhasil ke nasional. “Saya selaku kepala sekolah sangat bangga dengan Shelly, karena mampu mempertahankan tradisi lolos ke nasional di lomba Kepak ini. Semoga di lomba Kepak tingkat naisonal nanti, Shelly, mampu meraih hasil terbaik,” tandasnya. (SR)

iklan bapenda