Kelor Sumbawa Berpeluang di Pasar Rusia, Dubes Wahid: Kami Dukung

oleh -9 views
Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Mohammad Wahid Supriyadi bersama Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah dan Rektor UTS Dr Andy Tirta M.Sc serta para dosen UTS

SUMBAWA BESAR, SR (27/10/2019)

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Mohammad Wahid Supriyadi menyatakan akan mendukung eksport sayur kelor dari Kabupaten Sumbawa, NTB, ke Rusia. Hal tersebut disampaikan Dubes Wahid Supriyadi, saat mengunjungi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sekaligus kuliah umum untuk berbagi ilmu dengan masyarakat dan dosen setempat. Kehadiran Dubes Wahid Supriyadi di UTS adalah tindak lanjut atau kunjungan balasan dari kedatangan Rektor UTS, Dr Andy Tirta yang sebelumnya mengunjungi KBRI di Moscow Rusia. Saat itu Dubes Wahid menyampaikan ketertarikannya untuk hadir ke NTB dan memberi kuliah umum di UTS.

DPRD

Rektor UTS, Dr Andy Tirta mengatakan dukungan eksport kelor Sumbawa ke Rusia ini cukup beralasan, mengingat tingkat kesukaan masyarakat Rusia terhadap kelor atau morinaga ini, sangat tinggi. Selain itu tanaman kelor di Sumbawa cukup potensial. Menurut Doktor Andy—akrab Rektor UTS disapa, kesukaan masyarakat Rusia terhadap kelor ini terlihat ketika Dubes Wahid menyelenggarakan Festival Indonesia di Kota Moscow. Dalam festival itu dipamerkan beragam produk olahan yang berbahan dasar daun kelor (morinaga). Morinaga ini disajikan dalam berbagai macam bentuk mulai dari kue, kripik, hingga teh dan segala macamnya. Ternyata mendapat antusiasme yang bagus di kalangan masyarakat Rusia. Kenyataan itu menjadi peluang bagi masyarakat dan daerah Sumbawa untuk melakukan budidaya kelor sebagaimana halnya kelor Kabupaten Dompu yang sudah tembus pasaran internasional. “Simpelnya ada peluang morinaga Sumbawa dipasarkan di sana (Rusia). Peluang yang bagus ini harus disambut secara serius, sehingga ada nilai tambah bagi masyarakat kita, di samping kelor Sumbawa dapat menjadi produk unggulan yang memiliki pangsa pasar dunia,” cetus Doktor Andy yang kini beriktiar untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Sumbawa pada Pilkada 2020 mendatang. (JEN/SR)

 

DPRD DPRD
Baca Juga  Kayangan-Poto Tano Sambut Kapal Garda Maritim I dan II