Talif-Sudir, Satu-satunya Calon Independen yang Mendaftar ke Nasdem

oleh -49 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/10/2019)

Pesona Partai Nasdem jelang Pilkada Sumbawa cukup memikat para kandidat yang akan bertarung. Tidak hanya bakal calon yang mantap melalui jalur partai politik, tapi juga calon independen pun tertarik untuk mendaftarkan diri agar dapat diusung “partai restorasi” tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran pasangan Ir Talifuddin M.Si—Sudirman S.IP atau yang dikenal dengan Paket Talif-Sudir, resmi mendaftarkan diri ke Sekretariat DPD Nasdem Sumbawa, Selasa (22/10) sekitar pukul 10.30 Wita. Kehadiran pasangan dengan jargon “Sumbawa Bersinar” beserta keluarga dan para relawan ini disambut hangat Sekretaris DPD Nasdem Sumbawa, Chandra Wijaya Rayes ST yang didampingi tim verifikasi dan jajaran pengurus. Dari semua bakal calon yang sudah mendaftar ke Nasdem, hanya Talif—Sudir yang sudah berpasangan.

DPRD

Bakal Calon Bupati Sumbawa, Ir Talifuddin M.Si dalam pidatonya mengatakan bahwa kehadiran pasangan Talif Sudirman untuk bersilaturrahim sekaligus mendaftarkan diri, meski diketahui bahwa mereka maju melalui jalur perseorangan (independen). Ini menunjukkan bahwa mereka tidak anti partai politik. Justru kedatangan mereka untuk menjadi mitra strategis partai politik terutama Nasdem ketika ditakdirkan Allah terpilih menjadi pemimpin Sumbawa. Sebab eksekutif dan legislative adalah dua lembaga yang memiliki satu pemikiran dan hajat untuk bersama-sama membangun dan memajukan Sumbawa.

Selain mendaftarkan diri, pasangan Talif—Sudir ingin menyampaikan visi misinya yang menekankan tiga program pokok yakni pertanian, peternakan dan perikanan. Karena ia meyakini ketika tiga bidang yang menjadi mata pencaharian masyarakat Sumbawa ini tergarap maksimal, tidak ada lagi yang berteriak kelaparan karena semua sudah sejahtera. Ia berharap visi misi yang belum final ini diperkaya dengan masukan-masukan dari Partai Nasdem dengan tetap focus pada kepentingan Tau dan Tana Samawa.

Baca Juga  Program Afirmasi Zul Rohmi: Pendidikan dan Kesehatan Gratis untuk Anak Buruh Migran

Hal senada dikatakan Sudirman S.IP—Bakal Calon Wakil Bupati Sumbawa. Kehadiran Talif-Sudir sebagai pasangan calon independen untuk mendaftarkan diri ke Partai Nasdem, merupakan langkah taktis dan strategis. Mereka ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa majunya Talif Sudir melalui jalur independen bukan sebagai gerakan anti partai politik. Jalur independen hanya pilihan gerakan politik Talif Sudir. Jika nanti pasangan Talif Sudir ini ditakdirkan memimpin Sumbawa, maka kemitraan dengan partai politik sesuatu yang sangat utama untuk membangun masyarakat dan daerah ini. “Kami memandang partai (Nasdem) ini adalah partai besar, partai yang terus berkembang. Kami memandang misi besar Partai Nasdem bagaimana menciptakan masyarakat Indonesia yang merdeka dan berdaulat secara ekonomi serta bermartabat secara budaya. Misi ini sangat pas dengan kami yang focus pada pengembangan ekonomi di sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Karena ketiga sektor ini yang paling dominan menentukan roda perekonomian di Kabupaten Sumbawa. Ketika tiga sektor itu tidak berkembang maka lesulah putaran ekonomi di daerah ini,” tandasnya.

Sementara Sekretaris DPD Nasdem Sumbawa, Chandra Wijaya Rayes ST menilai pasangan Talif—Sudir sudah seperti orang Nasdem. Sebab semangat dan visi-misinya hampir sama dengan Nasdem. Beberapa bulan terakhir ini, DPP Nasdem gencar melakukan seminar khusus masalah pertanian, peternakan dan kelautan (maritim). Dimana-mana DPP membuka seminar tentang tiga sektor tersebut. Konsesus ke depan, ungkap Jaya—akrab politisi ini disapa, Nasdem akan membuka “Rumah Biru” dikhususkan untuk menggandeng para petani, nelayan dan sebagainya. “Semangat Nasdem dan semangat Talif-Sudir matching,”  katanya.

Baca Juga  SMSI Sumbawa Minta Wartawan Berani Beritakan ASN Tak Netral

Ia menyampaikan terima kasih kepada pasangan Talif—Sudir yang datang ke Nasdem meski telah berikrar untuk maju melalui jalur independen. Pilihan politik Talif Sudir menurut Jaya, patut dihargai. Apalagi Nasdem pernah mencatat sejarah mengusung calon independen. “Nasdem satu satunya partai politik yamg pernah mendukung calon independen. Yaitu saat mengusung Ahok. Nanti saya akan ceritakan ke DPP bahwa ada sdan satu-satunya calon independen yang mendaftar ke kami,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

DPRD DPRD