Poros Pembaharuan ‘Sapu Bersih’ Alat Kelengkapan DPRD Sumbawa

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/10/2019)

Poros Pembaharuan telah membuktikan ambisinya untuk ‘menguasai’ DPRD Sumbawa. Dengan sikap istiqomah, Poros gabungan dari sejumlah partai politik ini berhasil menyapu bersih pimpinan Alat-Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Sebenarnya ini sudah diperkirakan sejak awal. Sebab Poros yang digawangi Hanura, Nasdem, PKS, Gerindra, PPP, Golkar, PKB, Perindo, Berkarya dan PKPI ini memiliki kekuatan 30 suara. Sedangkan PDIP, Demokrat dan PAN hanya 15 suara. Proses pemilihan yang dipimpin Ketua DPRD A Rafiq didampingi tiga pimpinan lainnya, Drs. M. Ansori, Syamsul Fikri AR S.Ag M.Si dan Nanang Nasiruddin SAP ini, menggunakan sistem voting. Dalam proses yang berlangsung alot mulai dari pukul 14.00 hingga 17.00 Wita ini menetapkan Ketua Komisi I dijabat Saefullah (PKS), Wakil Ketua, Hasanuddin (Berkarya) dan Cecep Lisbano SIP M.Si (Hanura) sebagai Sekretaris. Kemudian Komisi II, Berlian Rayes S.Ag M.Si (Golkar) terpilih sebagai ketua, Bunardi (Nasdem) Wakil Ketua dan Ridwan SP (PPP) Sekretaris. Untuk Komisi III, Hamzah Abdullah (Gerindra) terpilih sebagai Ketua, M. Saad SAP (PKPI) Wakil Ketua, dan Edy Syarifuddin (Nasdem) sebagai Sekretaris. Untuk Komisi IV terpilih sebagai Ketua, Ismail Mustaram SH (PPP), sedangkan Wakil Ketua dan Sekretaris masing-masing dijabat Syahrul (Nasdem) dan M Tahir (Gerindra).  Selanjutnya Ketua Badan Kehormatan (BK) dijabat Muhammad Yamin SE., M.Si (Hanura) dan Adizul Sahabuddin SP (PKS) sebagai Wakil Ketua. Terakhir, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BaPemPerda) dijabat Ahmadul Kusasi SH (Ketua) dan Wakil Ketua Ahmad Adam (PPP).

DPRD

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa, Syamsul Fikri AR S.Ag., M.Si yang juga Wakil Ketua DPRD Sumbawa mengucapkan selamat kepada koleganya yang telah terpilih menjadi pimpinan Komisi-Komisi, Baleg (BaPemPerda) dan BK. Ia berharap dapat amanah dan bekerja sesuai tupoksi. “Tidak ada lagi kata Poros dan Blok, yang ada pak Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi dapat mengayomi anggota Komisi,” pintanya.

Baca Juga  KPU Sumbawa Apresiasi Kesiapan Polisi Untuk Pengamanan Pilkada

Sementara Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Sumbawa, H Asaat Abdullah ST mengucap syukur atas berlangsung proses pemilihan pimpinan AKD sesuai harapan bersama. Menurut Haji Saat—sapaan akrab politisi yang kini Anggota DPRD NTB ini, bahwa semua itu untuk kemaslahatan Tau dan Tana Samawa. Ia menilai unsur pimpinan komisi, BK dan Bapemperda, dijabat oleh orang-orang yang layak dan mampu membawa perubahan serta menjaga marwah DPRD. “Kami menyadari perubahan total memang sulit tapi totalitas untuk perubahan itu harus kita mulai. Terima kasih untuk semuanya, kita semua bersaudara,” pungkasnya. (JEN/SR)

DPRD DPRD