Sebagian Besar Narkoba Masuk Sumbawa Lewat Jalur Laut

oleh -0 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/10/2019)

Banyak jalan bagi para pengedar dan bandar narkoba memasok narkoba ke Kabupaten Sumbawa. Tidak hanya melalui jalur darat, namun kali ini barang haram yang merusak generasi bangsa ini cenderung disuplay melalui jalur laut. Hal ini terungkap ketika jajaran Polres Sumbawa mengungkap 6 kasus narkoba di akhir September hingga awl Oktober 2019.

Dalam keterangan persnya, Kamis (17/10) Kapolres Sumbawa, AKBP Tunggul Sinatrio SIK MH didampingi Kasatres Narkoba, IPTU Akmal Novian Reza SIK mengakui bahwa peredaran narkoba di wilayah hukumnya cukup marak. Peredarannya sudah masuk sampai pelosok desa. Namun demikian pihak berkomitmen untuk memerangi narkoba. Sudah banyak pengguna, pengedar dan bandar narkoba yang tertangkap dan menjalani proses hukum. Akhir September hingga awal Oktober, ada 6 kasus narkoba berhasil diungkap jajarannya. Dari 6 kasus ini pelakunya 2 pengedar dan 4 pemakai. Para tersangka ini dijerat pasal 114 ayat 1 jo pasal 112 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sebagian besar barang haram yang disita ini berasal dari luar Pulau Sumbawa. Menurut Kapolres, narkoba tersebut dipasok melalui jalur laut. Sepertinya mereka memiliki jaringan khusus dan jalur laut menjadi jalan aman bagi para pengedar untuk menjalankan bisnis haramnya. Karena itu pihaknya akan memperketat pengawasan bekerjasama dengan Polair, Syahbandar dan instansi terkait lainnya. Ia juga menghimbau masyarakat untuk mendukung upaya Polri memberantas narkoba, minimal memberikan informasi jika ada indikasi peredaran maupun penggunaan narkoba. “Masa depan generasi bangsa menjadi tanggung jawab kita bersama, jangan sampai mereka layu sebelum berkembang,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Ini Amanat Pangdam Udayana yang Disampaikan Kasatrem 162/WB di Upacara HUT RI