Percepat Arus Keterbukaan Informasi Publik, 50 Kades Ikut Sosialisasi DBIP

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/10/2019)

Sebanyak 50 Kepala Desa dalam wilayah Kabupaten Sumbawa mengikuti Kegiatan Sosialisasi Kapasitas Desa Model Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa, Selasa (15/10). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman kepada para kepala desa mengenai dasar hukum serta mekanisme pelayanan informasi publik secara sinergis. Selain itu mempercepat arus keterbukaan informasi publik di desa. Hadir pda acara yang dibuka Bupati Sumbawa ini di antaranya Kepala Dinas Kominfotik, Kepala OPD lainnya, camat, narasumber dan Kepala Desa selaku peserta sosialisasi.

DPRD

Bupati Sumbawa melalui Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, L. Suharmaji, ST., MT, mengatakan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sumbawa tidak terlepas dari kemampuan pemerintah daerah untuk membangun transparansi dan keterbukaan informasi publik dengan baik. Disebutkan bahwa lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) dihajatkan untuk membangun badan atau lembaga publik menjadi lebih transparan dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya. Amanah UU KIP adalah untuk membuka ruang lebih luas bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi publik, dan terkait dengan pelaksanaan keterbukaan informasi public pada pemerintahan desa, orientasinya adalah agar warga desa mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan. “Melalui mekanisme keterbukaan informasi publik, akan terbangun akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” sebut Bupati.

Baca Juga  PT Amman Mineral Bantu Korban Gempa Sumbawa 350 Juta

Ditambahkan bahwa Program DBIP merupakan ikhtiar penyadaran untuk kepatuhan pemerintah desa agar membuka, mempublikasikan dan menyebarluaskan informasi public sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Sumbawa sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Provinsi harus berkomitmen dan berperan nyata untuk menyukseskan program DBIP. “Komitmen kami Pemerintah Daerah telah diwujudkan dengan menetapkan 1 Desa pada tiap-tiap Kecamatan sebagai Desa Model DBIP, dan 3 Desa Utama yakni Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes, Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara dan Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes sebagai Desa Model dalam Program Desa Benderang Informasi Publik Tingkat Provinsi NTB,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik, Suparman SE, dalam laporannya menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman kepada para Kepala Desa mengenai dasar hukum serta mekanisme pelayanan informasi publik secara sinergis. Ditambahkan bahwa untuk mempercepat arus keterbukaan informasi publik di Desa, Komisi Informasi NTB mendorong dan meminta masing-masing Kabupaten untuk membuat desa model DBIP. Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah menetapkan satu Desa Model DBIP pada tiap-tiap Kecamatan berdasarkan SK Bupati Sumbawa No. 532 Tahun 2017, dan dua di antaranya yaitu Desa Baru Tahan dan Desa Uma Beringin telah mewakili Kabupaten Sumbawa untuk mengikuti Festival DBIP Tingkat Nasional di Mataram. Dari lomba itu Desa Uma Beringin berhasil meraih juara umum. (SR)

DPRD DPRD