Marak Pelajar Terlibat Kriminalitas, Afendi: Ayo Lakukan Deteksi Dini

oleh -5 views
Afendi S.Pd M.Pd

SUMBAWA BESAR, SR (16/10/2019)

Tindakan kriminalitas yang melibatkan pelajar belakangan ini cukup marak. Karena itu menjadi tugas semua pihak untuk meminimalisirnya, terutama orang tua dan sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Plampang, Afendi S.Pd, M.Pd kepada WARTAWAN SAMAWAREA BIRO SUMBAWA TIMUR meminta seluruh keluarga besar sekolahnya termasuk orang tua, umumnya masyarakat, untuk melakukan deteksi dini terhadap prilaku menyimpang dan mengambil langkah taktis sesuai asas pendidikan. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan tindakan preventif melalui jalur pendidikan karakter dengn menggiatkan kegiatan ekstrakurikuler baik melalui proses pembelajaran langsung baik di lingkungan keluarga dan sekolah.

Sementara Tokoh Pemuda Desa Plampang, Samurdan menyebutkan kenakalan remaja ini berawal dari lingkungan keluarga. Banyak orang tua yang bangga ketika anaknya menjadi pemberani. Terkadang keberanian itu diarahkan untuk melakukan tindakan kriminalitas yang membuat masyarakat menjadi resah. Selain itu kurangnya pengawasan orang tua. Banyak anak-anak yang terlibat kriminalitas ini yang hidupnya bebas karena tinggalnya jauh dari pantauan orang tua. Misalnya mereka dari desa, sekolah di kota dan tinggal mengekost. Karenanya peran orang tua cukup penting memantau putra-putrinya mengingat di sekolah memiliki waktu yang terbatas. (BUR/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Pecandu Narkoba di Sumbawa Didominasi Kalangan Pelajar