Pulau Lombok dan MotoGP, Magnet Investasi Global

oleh -5 views

Oleh: Bumi Zainal Abidin (Fans Berat Samawarea.Com)

Indonesia adalah Negara kepulauan dengan luas area terbesar di Asia Tenggara, dimana Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat luar biasa banyaknya. Seperti budaya Minang, Sunda, Sasak, Betawi dan masih banyak budaya lainnya, serta beraneka ragam tarian daerah, bahasa daerah, rumah adat, dan pakaian adat yang memiliki keunikan tersendiri. Indonesia juga memiliki keaneragaman keindahan alam yang sangat luar biasa dan tidak kalah indahnya dibandingkan dengan negara lainnya. Salah satu keindahan alam dari Indonesia yang mulai mendapat sorotan internasional adalah keindahan dari Pulau Lombok dengan Suku Sasaknya yang terletak di Provinsi NTB. Pulau Lombok terletak di antara Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. Pulau Lombok mulai dikenal dengan keindahan pantainya dan memiliki pulau-pulau kecil yang indah nan eksotis yang menjadi destinasi utama baik wisatawan mancanegara maupun domestik. Kawasan Taman Wisata Perairan Gili MATRA yang merupakan singkatan dari Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Kawasan ini menjadi surga bagi para penyelam karena keindahan dunia bawah lautnya yang luar biasa dan terdapat kura kura laut yang dengan mudah dapat dilihat dengan melakukan snorkeling di sekitar pantai. Lombok pun memiliki gunung vulkanik aktif dengan ketinggian puncak 3.726 meter di atas permukaan laut. Adalah Gunung Rinjani yang terkenal dengan keindahan dan keunikan bentuknya yang membuat para pendaki dunia tertarik untuk menikmati keindahan puncak Rinjani. Gunung Rinjani juga memiliki danau berwarna biru kehijauan dan beberapa air terjun yang memukau mata dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tak kalah menariknya Pantai Pink juga dapat dinikmati di Pulau Lombok. Pantai yang terletak di daerah Lombok bagian tenggara ini memiliki pasir yang berwarna merah muda, bertekstur halus dan lembut. Kemerahan warna ini dikarenakan pecahan karang yang berwarna merah. Pantai Pink juga memiliki biota laut yang tak kalah indahnya dengan pulau 3 gili. Terumbu karang di Pantai Pink sangat indah dan memanjakan mata dengan warna-warna yang cerah dan beragam.

Baca Juga  Antisipasi Banjir Susulan, Warga Nijang Perbaiki Tanggul

Pulau Lombok juga telah memperoleh kontrak resmi Dorna Sports (penyelenggara MotoGP) untuk mulai menyelenggarakan perlombaan “Lombok MotoGP ” pada tahun 2021. Ajang balap motor internasional ini akan berlangsung di Lombok Selatan tepatnya di daerah Kuta, dengan nama Sirkuit Mandalika. Lintasan balap dengan panjang lintasan 4,32 km dan memiliki 19 tikungan serta dapat menampung kapasitas 150.000 pengunjung ini direncakan akan mulai dibangun pada Bulan Oktober 2019. ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dan perusahaan konstruksi France’s Vinci akan bertanggung jawab atas pembangunan dan perkembangan proyek Mandalika. Proyek Mandalika ini merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara dan dibangun di atas lahan seluas 1.175 hektar dengan biaya sebesar 3 milliar US$.

Proyek Mandalika ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Indonesia. Selain pembangunan sirkuit di Kuta Lombok, saat ini juga sedang dilakukan pembangunan sarana umum bertaraf international seperti sekolah, rumah sakit dan sarana-sarana lainnya serta hotel-hotel mewah yang akan selesai dan siap digunakan pada tahun 2021. Indonesia saat ini menjadi magnet investasi global dan mempunyai nilai stabilitas ekonomi yang terbilang cukup tinggi di wilayah Asia Tenggara, apalagi ditambah dengan adanya MotoGP 2021. Banyak investor dari negara asing yang berbondong-bondong berinvestasi dan memulai bisnis di Indonesia. (*)

 

dukacita dukacita bankntb