Hadapi UNBK, Amman Mineral Gelar Pelatihan Pemantapan Materi dan Bedah SKL

oleh -8 views

SUMBAWA BARAT, SR (11/10/2019)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) menggelar Pelatihan Pemantapan Materi dan Bedah SKL persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) SMA/SMK/MA se-Kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang. Dalam kegiatan ini Amman Mineral menggandeng lembaga profesional di bidang pendidikan yaitu Lembaga Pendidikan Progresio.

DPRD

Ditemui SAMAWAREA, Kamis (10/10), Anis Mujahid Akbar selaku Senior Manager Social Responsibility and Long Term Planning AMNT mengatakan, saat ini perusahaannya melakukan pelatihan untuk para guru SMA/MA/SMK di tiga kecamatan tersebut. Program pelatihan ini dihajatkan untuk pengembangan kemampuan para siswa dalam menghadapi UNBK melalui tenaga pengajarnya. “Kemampuan siswa tidak mungkin akan bisa meningkat kalau kita tidak tingkatkan kemampuan gurunya sehingga kegiatan ini dilakukan untuk peningkatan kemampuan guru,” kata Anis.

Ia meyakini dengan adanya peningkatan kemampuan guru dalam belajar dan mengajar, maka kemampuan siswa dengan sendirinya akan meningkat sehingga goal dari kegiatan ini, nilai-nilai UNBK siswa bisa meningkat dan mampu diterima oleh sejumlah perguruan tinggi ternama. Ketika nilainya semakin bagus kesempatan untuk kuliah di kampus terbaik akan terbuka lebar. “Amman Mineral melaksanakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial dalam bidang pendidikan. Ini langkah awal yang kami lakukan. Kalau ini terbukti efektif maka pasti akan ada kegiatan selanjutnya yang mungkin lebih besar lagi. Dalam pelatihan ini kami kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Progreseo yang tenaga pengajarnya sangat profesional berasal dari universitas ternama di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga  SMPN 3 Plampang Dinilai Tim LSS Kabupaten

Sementara Dr. Rudi Susilana M.Si selaku Koordinator Tim mengatakan dalam pelatihan kali ini akan dilakukan bedah materi atau soal-soal yang akan diujiankan oleh siswa. Selain itu membedah SKL termasuk bagaimana menyusun soal-soal Ujian Nasional. “Sebelum masuk dalam materi kita akan melakukan pra tes kepada peserta pelatihan untuk mengukur sejauhmana kemampaun guru terhadap soal ujian yang akan diberikan kepada anak anak. Hasilnya kita akan rumuskan, dimana kesulitan guru sehingga kita focus memberikan pelatihan pada kesulitan guru tersebut. Kemudian kita tes kembali melihat sejauhmana keberhasilan pelatihan ini,” bebernya.

Kadis Dikpora NTB diwakili Hamdon S.Pd,. MM menyampaikan terima kasih kepada manajemen PT AMNT yang telah melakukan kegiatan sangat bagus dalam upaya meningkatkan kapasitas guru. “Kami berharap para peserta belajar dengan baik, serap ilmunya sebanyak mungkin untuk diajarkan kepada siswa. Karena saya yakin dengan meningkatnya kemampuan guru pasti akan meningkat pula kemampuan siswa sehingga mampu bersaing baik lokal maupun nasional,” pungkasnya. (HEN/SR)

DPRD DPRD