Dibuka Wakil Bupati, Pertikana III Diikuti 803 Pelajar

oleh -24 views

SUMBAWA BESAR, SR (11/10/2019)

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kencana III tahun 2019 di Panggung Lapangan Dusun Boak Dalam Desa Boak Kecamatan Unter Iwes, Kamis (10/10). Kegiatan yang mengangkat tema ”Sumbawa Menuju Generasi Emas” tersebut turut dihadiri perwakilan Dandim 1607, Kepala BKKBN Provinsi NTB, Kadis P2KBP3A beserta jajaran, Ketua Kwatir Cabang Sumbawa beserta jajaran, Camat Unter Iwes, tokoh agama dan para tokoh masyarakat.

DPRD

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan apresiasi kepada gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal, yang tetap eksis dalam rumah besar bagi kaum muda untuk bersinergi demi perubahan yang lebih baik dan berkualitas. Dikatakan, secara operasional, Saka Kencana memang memfokuskan pengabdiannya pada pembentukan karakter bangsa melalui pembinaan remaja. Hal ini sejalan dengan cita-cita BKKBN, agar remaja pada masa yang akan datang mampu menjadi generasi berencana dalam mewujudkan karakter harapan bangsa.

Disampaikan bahwa kegiatan Saka Kencana merupakan bagian dari program Kependudukan Keluarga Berencana  dan Pembangunan Keluarga. Karena itu, perlu penguatan dalam penyelenggaraannya dengan lebih mengintensifkan Promosi, Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), sehingga mampu berperan dalam menggerakkan masyarakat untuk Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana . Diakhir sambutannya, Wabup berharap kegiatan ini dapat melahirkan semangat baru yang mendukung program BKKBN dengan memfungsikan kembali krida yang telah terbentuk.

Baca Juga  Catat Sejarah Baru, Tim UTS ke Grand Final INDISCO Asia Tenggara

Sementara itu, M. Ramdhan SP melaporkan bahwa kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kencana (Pertikana) merupakan kegiatan perkemahan yang diselenggarakan oleh Saka Kencana tingkat Cabang Sumbawa dan Dinas P2KBP3A Sumbawa dengan melibatkan peserta pramuka tingkat penggalang dan penegak, serta peserta utusan PIK-R dari setiap sekolah se-Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah pertemuan dan ajang kompetisi guna meningkatkan motivasi anggota pramuka dan PIK-R untuk berlatih dan berkreasi di bidang keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera, dan Pengembangan Penduduk. Pertikana dilaksanakan pada tanggal 10–13 Oktober 2019 dan dikemas dalam bentuk perkemahan dan perlombaan keluarga berencana dan kepramukaan. Mata lomba pada kegiatan ini dibedakan menjadi dua tingkatan yaitu Tingkat Penggalang dan Tingkat Penegak. Adapun mata lomba antara lain Lomba GenRe Kit, Jingle GenRe, Cerdas Cermat, Pionering, Sandi Berantai, Pentas Seni, Penyuluhan, Jelajah Alam dengan jumlah peserta sebanyak 803 orang yang berasal dari SMP/MTs, dan SMA se-Kabupaten Sumbawa dan pembina pendamping berjumlah 78 orang. (SR)

DPRD DPRD