Home / Politik / AKD Belum Terbentuk, Sekwan: Disegerakan !

AKD Belum Terbentuk, Sekwan: Disegerakan !

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (3/10/2019)

Meski pelantikan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa sudah dilakukan, namun sejauh ini belum ada tanda-tanda Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan terbentuk. Tidak adanya AKD membuat pelaksanaan agenda DPRD belum optimal. Karena dari AKD terutama komisi-komisi memiliki bidang tugas yang berbeda dan terbagi habis, sehingga masyarakat yang ingin menyampaikan permasalahannya terhadap program-program pembangunan dan lainnya akan terarah.

Dikonfirmasi hal ini, Selasa (2/10), Sekretaris DPRD Kabupaten Sumbawa, H. Amri S.Sos., M.Si menargetkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) rampung pekan depan. AKD ini harus segera terbentuk dan tak boleh dibiarkan berlarut mengingat keberadaannya berkaitan dengan pembahasan RAPBD. Pasalnya RAPBD baru bisa dibahas ketika AKD-nya sudah ada. “AKD dibentuk dalam bulan ini. Target saya minggu depan sudah rampung,” tegas Haji Amri.

Untuk pembentukan AKD ini, ungkapnya, terlebih dahulu akan dibahas di tingkat pimpinan DPRD bersama pimpinan Fraksi. Dalam rapat itu akan membahas semua kebutuhan AKD. Pihaknya sudah bersurat ke semua fraksi untuk mengusulkan anggota yang akan duduk di AKD yaitu Baperda, Banmus, Banggar maupun BK. “Daftar yang diusul fraksi akan dibahas di pimpinan dan pimpinan fraksi. Artinya 4 pimpinan ini ditambah pimpinan fraksi membahas tentang komposisi pengurusnya, apakah dia sebagai ketua, wakil ketua, sekretaris ataupun bendahara. Semua akan diselesaikan,” tandasnya

Ketika pembahasan di tingkat pimpinan sudah selesai, selanjutnya dirapatkan oleh pimpinan dan anggota. Apabila berjalan mulus dilakukan paripurna pengumuman. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

KPU Sumbawa Bentuk PPDP untuk Pemuktahiran Data Pemilih

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/7/2020) Salah satu tahapan penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *