Pemda Sumbawa Sepakat 10,05 Milyar untuk Bawaslu Sumbawa

oleh -14 views

SUMBAWA BESAR, SR (1/10/2019)

Setelah beberapa kali pertemuan serta melalui pembahasan yang sangat alot dan dinamis, akhirnya Pemda Sumbawa resmi mengalokasikan anggaran untuk kegiatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa. Dari usulan sebesar Rp 17 milyar, disepakati menjadi Rp 10.050.000.000 (10,05 Milyar). Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Pendopo Bupati Sumbawa, Selasa (1/10/2019) malam. Dari Pemda langsung ditandatangani Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc didampingi Sekda Drs. H. Hasan Basri MM dan Kepala Bappeda, Ir. H. Junaidi M.Si serta jajaran BPKAD Sumbawa. Sedangkan dari Bawaslu Sumbawa dilakukan oleh Ketuanya, Syamsihidayat S.IP didampingi empat komisioner lainnya, Ruslan, S.Pd, Lukman Hakim, SP., M.Si, Hamdan Syafi’i, S.Sos.I, dan Agusti, S.Pd.I, serta Sekretaris Bawaslu, Edy Ramli S.AP.

Ditemui usai penandatanganan NPHD, Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsihidayat mengaku bersyukur pembahasan yang cukup alot dan dinamis ini selesai dengan happy ending. Kesepakatan pengalokasian anggaran untuk operasional Bawaslu dalam melakukan pengawasan terhdap pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Sumbawa, dicapai sesuai batas waktu yang ditentukan, 1 Oktober 2019.

Ia mengakui sebelumnya Bawaslu mengusulkan anggaran sebesar Rp 17 milyar. Dalam pembahasan dirasionalisasi menjadi Rp 10.050.000.000 (10,05 Milyar). “Kami mengusulkan angka maksimal sesuai yang direncanakan dan disusun bersama. Namun hasil rasionalisasi ini tidak menghilangkan item-item tetapi hanya dikurangi volume pekerjaan,” ungkap Syamsi—akrab pengawas ramah ini.

Baca Juga  DPM-PD Siapkan Layanan Sistim Informasi Berbasis Online PDPGR

Dengan telah disepakatinya anggaran ini, lanjut Syamsi, Bawaslu Sumbawa segera mengambil langkah mengingat bulan ini tahapan Pilkada sudah masuk. Diawali dengan sosialisasi lalu perekrutan perangkatnya di tingkat bawah yakni kecamatan, kelurahan dan desa serta nantinya tingkat TPS. “Dengan anggaran yang ada kita usahakan semua pekerjaan berjalan maksimal, dan berlangsung sesuai tupoksi dan tanggungjawab sebagai pengawas pemilu,” demikian Syamsi. (JEN/SR)

iklan bapenda