Rita Desiasni, Dosen UTS Pilihan Menristek Dikti untuk Magang di ITB

oleh -97 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (26/9/2019)

Rita Desiasni, M.Sc dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi perwakilan kampus dalam mengikuti Program Magang Dosen 2019 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Program tersebut diselenggarakan Direktorat Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Program Magang Dosen tersebut dilator-belakangi oleh tuntutan era globalisasi, bahwa seorang dosen bukan hanya dituntut pakar dalam bidang kajian ilmunya, tetapi juga mampu berkomunikasi, mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, memiliki jejaring yang luas, peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, dan bersikap outward looking. Pasalnya, perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Dosen adalah SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dalam semua aktivitas di perguruan tinggi.

Baca Juga  Wakili Indonesia, Dosen UTS Ikuti International Ecotourism Travel di Filipina

Diselenggarakannya Program Magang bagi dosen yunior tersebut, bertujuan untuk memperluas wawasan dosen yunior mengenai pelaksanaan dan penyelenggaraan dunia kerja dosen (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). Selain itu memberikan pengalaman kepada dosen yunior untuk mengenal secara langsung manajemen perguruan tinggi dan kerjasama dengan mitranya di PTN Pembina. Serta untuk memberi kesempatan kepada dosen yunior untuk menjalin jejaring dengan dosen senior asal PTN pembina. Kegiatan pembukaan Dosen Magang (Dosma) Tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Aston Imperial Bekasi, Lantai II yang diikuti oleh 60 dosen dari seluruh perguruan tinggi yang lolos seleksi.

Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A selaku Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristek Dikti saat membuka kegiatan itu menyampaikan program Dosen Magang bertujuan sebagai proses belajar dosen muda dari perguruan tinggi yang baru berkembang terkait Tri Darma Perguruan Tinggi dari perguruan Tinggi (PT) yang sudah maju (PT. Pembina).

Baca Juga  Dukung BUMDes di NTB, Mahasiswa UTS Produksi Cold Storage Tenaga Surya

Senin sampai Jumat merupakan hari aktif untuk kegiatan Dosma, sedangkan Sabtu dan Minggu menjadi kegiatan bebas (libur) kecuali ada kegiatan kunjungan atau travelling bersama Pembina dan Tim Support Dosma ITB. Biaya untuk pelaksanaan program magang dibebankan kepada anggaran Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *