Pembukaan Gala Desa Piala Menpora RI 2019 Digelar di Plampang

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/9/2019)

Gala Desa Kabupaten Sumbawa mulai digelar, Kamis (26/9) kemarin. Pembukaan event yang memperebutkan Piala Menpora RI Tahun 2019 kali ini diselenggarakan di Kecamatan Plampang tepatnya Lapangan Sepak Bola Desa Sepakat. Hadir pada upacara pembukaan oleh Bupati Sumbawa ini di antaranya camat, pelatih olahraga dan para kontingen.

Bupati Sumbawa melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Iskandar D, M.Ec.,Dev menyampaikan bahwa Gala Desa ini merupakan program pembudayaan olahraga agar masyarakat gemar berolahraga. Program ini dari Kementerian Olahraga Republik Indonesia yang telah terjadwal secara nasional di beberapa kabupaten/kota, dan salah satu pesertanya adalah Kabupaten Sumbawa. Kegiatan Gala Desa di Kabupaten Sumbawa ini akan berlangsung mulai 26 September hingga 22 Oktober 2019. “Saya nama pimpinan daerah Kabupaten Sumbawa menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi penyelenggaraan ini. Selain sebagai wahana menambah kebugaran dan kesehatan masyarakat Indonesia, juga ajang mencari bibit-bibit atlit usia dini dari seluruh kalangan masyarakat yang tersebar di semua pelosok desa yang berpotensi untuk dijadikan atlet profesional milik Indonesia,” jelasnya.

Selain itu kegiatan diharapkan dapat menjadi ajang pembinaan para atlet Sumbawa agar dapat mengoptimalkan potensi yang memiliki hobby di bidang olahraga. Karenanya Ia mengajak masyarakat menyukseskan Gala Desa ini sebagai ikhtiar membangun olahraga dari tingkat bawah, desa dan pinggiran. Tentunya hal ini sejalan dengan program prioritas penggunaan dana desa, salah satunya pembangunan Sarana Olahraga Desa (Surga Desa) serta menyediakan berbagai fasilitas pendukung. “Profesi atlet  saat ini cukup menjanjikan terutama untuk para peraih medali di ajang kompetisi olahraga dunia seperti Asian Games,” imbuhnya.

Baca Juga  Terapkan Kurikulum Merdeka, FEB UTS Optimalkan Youtube

Sebagai pimpinan daerah dia berpesan agar di usia muda untuk tekun dan serius jika ingin membela dan mengharumkan nama negara. “Jadilah atlet, mulailah tekun dan serius, insyaa Allah kami pemerintah  daerah dan seluruh masyerakat Kabupaten Sumbawa akan selalu mendukung cita-cita dan harapan kalian agar tercapai,” cetusnya seraya berharap melalui Gala Desa ini akan muncul atlit-atlit handal dan event ini sekaligus menjadi hiburan segar bagi masyarakat.

Sementara Ketua Penyelenggara Gala Desa 2019 melaporkan bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam kegiatan olahraga. Karena itu pemberdayaan olahraga perlu dimulai dari masyarakat di pedesaan hingga perkotaan dengan memperhatikan 5 M (Murah, Meriah, Menarik, Masal dan Manfaat). Sehingga, dengan membudayakan olahraga kepada masyarakat akan berdampak munculnya bibit-bibit atlit yang sesuai dengan program pemerintah untuk menumbuhkan karakter bangsa tangguh.

Untuk diketahui Cabor Sepak Bola dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Sepakat Kecamatan Plampang diikuti 32 klub. Cabor Bola Voli di Lapangan Voli Desa Motong Kecamatan Utan diikuti 8 klub putra dan 8 klub putri. Cabor Bulu Tangkis di GOR Desa Nijang diikuti 40 orng putra dan 10 orang putri, dan Cabor Tenis Meja di GOR Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu.

Camat Plampang, Abdul Haris S.Sos mengaku bangga dengan semangat keolahragaan generasi muda. Ini patut menjadi perhatian. Karena itu Ia bertekad menggerakkan semua desa di wilayahnya untuk menggelar Liga tingkat Desa menggunakan Dana Desa sehingga bakat anak bangsa yang terpendam sejak dini bisa terkuak.

Baca Juga  Mahasiswa UTS Asal Argentina ‘Jual’ Sumbawa di Vive Asia

Pantauan Wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa Timur, pembukaan Gala Desa ini cukup semarak dan disambut antusias masyarakat. Acara ini dimeriahkan Putra Elektun pimpinan Sayutimlik SH. Kemudian penampilan Parade Drumband SDN 3 Plampang yang dikuti iringan barisan Atlet dari masing-masing cabang olahraga. (BUR/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb