Pimpinan DPRD Sumbawa Dilantik, Berbagai Agenda Telah Menunggu

oleh -1 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (26/9/2019)

Empat pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019—2024, resmi dilantik, Kamis (26/9) pagi tadi. Mereka adalah Abdul Rafiq dari PDIP sebagai Ketua DPRD dan tiga Wakil Ketua, Drs. Mohammad Ansori (Gerindra), Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si (Demokrat) dan Nanang Nasiruddin S.AP (PKS). Pengambilan sumpah jabatan pimpinan dewan di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Sumbawa ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Dandim 1607 Sumbawa, Pimpinan OPD, serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq dalam pidatonya mengatakan, setelah pimpinan DPRD didefinitifkan, masih banyak agenda penting lainnya yang harus segera diselesaikan. Salah satunya pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang direncanakan tuntas dalam beberapa hari kedepan. Selanjutnya pembahasan APBD Kabupaten Sumbawa tahun 2020.

Sebelumnya ungkap Rafiq, DPRD telah menyelesaikan dan menetapkan Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Sumbawa yang merupakan acuan dan pedoman bagi anggota dewan dalam menjalankan tugasnya. Karena itu ia menghimbau kepada seluruh anggota dewan agar dapat menjalankan serta mematuhi seluruh peraturan yang ada dalam Tatib, terutama dalam hal konsistensi waktu rapat. “Kepada semua anggota dewan mari kita bekerja dengan baik, ikhlas, tulus dan sabar. Semoga apa yang kita kerjakan menjadi amal bagi kita,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga, Rafiq menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa. Tanpa dukungan semua pihak dan tanpa kemitraan yang baik antara dewan dan pemerintah, maka tugas dewan tidak akan berjalan dengan baik. “Karena kami yakin bahwa apa yang menjadi tugas kami selaku anggota dewan, tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan semua pihak dan tanpa kemitraan yang baik antara DPRD dan pemerintah daerah dalam mengemban amanat rakyat,” pungkasnya.

Baca Juga  Koster akan Bangun Pabrik Pengolahan Padi di Jembrana

Sementara Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc., menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya empat pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024. Bupati mengatakan, hubungan antara pemerintah daerah selaku eksekutif dan DPRD selaku legislatif merupakan hubungan kerja yang setara dan bersifat kemitraan. Sehingga ia berharap antara legislatif dan eksekutif dapat saling membangun suatu hubungan kerja yang sinergi, saling mendukung, serasi dan tidak saling mendominasi satu sama lain dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. ”Kita yakin dan percaya, di bawah kepemimpinan baru ini, akan membawa angin segar perubahan terhadap kinerja DPRD Kabupaten Sumbawa untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa, membawa masyarakat dan daerah ini menuju kemajuan sebagaimana yang dicita-citakan,” ungkapnya.

Selain itu berharap figur yang dilantik memberikan secercah harapan. “Cahaya di ujung terowongan kelihatan terang benderang jika kita memaknai amanah dengan baik dan benar. Siapa yang mampu memaknai amanah ini dengan baik dan benar, insyaa Allah akan mendatangkan keberkahan buat kita semua,” ujarnya. (JEN/SR)

iklan bapenda