Bupati Buka Pembinaan Ketahanan SDA Perdagangan dan Ekonomi

oleh -0 views
iklan bapenda

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BADAN KESBANGPOLDAGRI KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (23/9/2019)

iklan bapenda

Bupati Sumbawa melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Ketahanan Sumber Daya Alam, Perdagangan dan Ekonomi Masyarakat dalam rangka Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Senin (23/9). Hadir dalam kesempatan itu KBO Intelkam Polres Sumbawa, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kaban Kesbangpoldagri beserta jajaran, para pelaku usaha dan wirausaha.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, adanya ketimpangan ekonomi akan menimbulkan rasa ketidakpuasan dan rasa ketidakadilan bagi masyarakat. Praktek perdagangan dan jual beli yang tidak jujur atau curang akan berpotensi menimbulkan konflik di dalam masyarakat yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa.

Disampaikan Bupati, rahasia sukses bagi para para pelaku usaha dan wira usaha adalah integritas tinggi, disiplin waktu, dan yang terpenting adalah kualitas yang harus diperhatikan dan dipertahankan. Bupati berharap, melalui pertemuan ini stabilitas dan ketahanan ekonomi masyarakat dapat terjaga, serta dapat melindungi para pegadang dan para pelaku usaha agar dapat mengembangkan usahanya dengan rasa aman.

Sebelumnya, Kaban Kesbangpoldagri Kabupaten Sumbawa Drs. Irawan Subekti melaporkan, tujuan pembinaan ini untuk mendukung peningkatan kemampuan wirausaha bagi para pedagang dan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Selain itu membangun kemitraan bersama untuk melakukan kegiatan usaha yang ulet, jujur dan tidak melakukan tindakan kecurangan dalam jual beli, dalam hal ini berkaitan dengan takaran dan timbangan, serta mendorong para pelaku usasha agar dapat berperan sebagai agen pemberdayaan dan penguatan ekonomi yang berbasis produk unggul desa (lokal) dan daerah.

Baca Juga  Sungguh Tega, Bayi Baru Lahir Dibuang di Selokan

Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang, utusan dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sumbawa, Unter Iwes, dan Labuhan Badas yang terdiri dari unsure pedagang pasar dan pelaku usaha. Dengan narasumber berasal dari Kepolisian Resort Sumbawa, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa. (SR)

iklan bapenda