OSPEK IISBUD Sarea Tahun ini Berbeda, Diikuti 10 Mahasiswa Difabel

oleh -40 views

SUMBAWA BESAR, SR (4/9/2019)

Ratusan mahasiswa baru Institut Ilmu Sosial dan Budaya Samawa Rea (IISBUD Sarea) dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Orientasi Mahasiswa Perkenalan Kampus (OSPEK) Tahun Ajaran 2019/2020. OSPEK kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena di antara mahasiswa tersebut terdapat 10 mahasiswa berkebutuhan khusus. Mahasiswa penyandang disabilitas yang berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) ini memilih jurusan Seni Tari dan Sastra Indonesia. Mereka diberikan mengenyam bangku kuliah melalui program Beasiswa “Pedi Samawa”—salah satu program unggulan di kampus yang berlokasi di kaki Bukit Olat Maras tersebut. Upaya ini sebagai ikhtiar dalam mewujudkan kepedulian dan cita-cita besar IISBUD SAREA untuk meningkatkan mutu belajar siswa SLB berupa pendampingan dan menyediakan wadah pembelajaran pengembangan seni dan budaya.

Kegiatan OSPEK 2019 ini secara resmi dibuka Rektor IISBUD Sarea, Miftahul Arzak, S.IKom., MA. Ikut mendampingi Wakil Rektor 1 Rusmin Nurjadin, M.Pd, Wakil Rektor 2 Ramlafatma SP dan Wakil Rektor 3 Edy Kurniawansyah M.Pd. serta para Dekan, Kaprodi, dosen dan staf.

Menurut Rektor Miftah, OSPEK yang berlangsung selama 4 hari, 2–4 September 2019 ini merupakan salah satu tahapan awal yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa baru. Tujuannya selain perkenalan terhadap kampus, juga membangun relasi emosional, meningkatkan solidaritas dan kekeluargaan antara mahasiswa dengan kampus, yang diharapkan menjadi mahasiswa IISBUD yang cendikia, humanis dan berbudaya.

Baca Juga  Lomba Foto di Plampang Berlangsung Sukses

Sementara Ketua Panitia OSPEK 2019, Joni Firdaus melaporkan bahwa kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak 2 bulan lalu. Ia menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan semua panitia sehingga kegiatan tersebut berjalan sukses.

Ketua BEM IISBUD Sarea Yosi Larian dalam kesempatan yang sama mengaku ini kegiatan yang luar biasa dan sangat berbeda. Sebab tahun ini, IISBUD kedatangan mahasiswa berkebutuhan khusus. OSPEK ini juga memberikan semangat bagi mahasiswa baru dengan hadirnya pemateri hebat dan inspiratif. Kegiatan tersebut juga berlangsung semarak karena diselingi dengan permain game yang menarik dan menyenangkan. Selain itu digelar aneka perlombaan. Di puncak acara, Rektor IISBUD melakukan penyematan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 menjadi bagian dari keluarga besa kampus. (SR)

iklan bapenda