Terjadi 25 Kasus Karhutla, Wabup Sumbawa Dukung Tindakan Tegas Kapolres  

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (2/9/2019)

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan beberapa hal penting pada Upacara Senin Pertama Bulan September 2019 yang digelar, 2 September kemarin. Pertama, Wabup yang disapa Haji Mo’ ini meminta kepada segenap jajaran Pemkab Sumbawa untuk segera melaksanakan dan menuntaskan berbagai program pembangunan yang telah dianggarkan dan ditetapkan dalam APBD 2019 termasuk APBD Perubahan 2019. “Seluruh program dan kegiatan yang termuat dalam APBD 2019 harus diarahkan agar selaras dan mendukung pencapaian tema pembangunan daerah tahun 2019, yaitu, pemerataan pembangunan, pengembangan investasi produk unggulan serta penguatan sistem inovasi daerah menuju sumbawa hebat dan bermartabat,” ungkapnya.

Kedua, terkait pemberitaan di media massa tentang kerusuhan dan gejolak di Papua yang dipicu adanya insiden terkait dengan mahasiswa asal Papua di dua kawasan di Jawa Timur, yaitu Malang dan Surabaya. Wabup menyesalkan insiden tersebut, dan berharap tindakan persekusi maupun rasialisme tidak terjadi lagi terhadap masyarakat Papua di kota-kota lainnya termasuk di Kabupaten Sumbawa, sebab kekerasan dan diskriminasi bukan jati diri Bangsa Indonesia.

Ketiga, maraknya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sumbawa. Hingga 31 Agustus, tercatat 25 kasus kebakaran hutan dan lahan yang ditangani Dinas Damkar Kabupaten Sumbawa. “Hal ini seharusnya menjadi keprihatinan dan perhatian kita semua. Memasuki musim kemarau seperti saat ini, kebakaran hutan dan lahan terjadi di banyak tempat, yang disebabkan faktor ulah manusia yakni melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan, maupun faktor alam,” tukasnya.

Baca Juga  Kanwil Perbendaharaan NTB Pantau Serapan APBD Sumbawa, Tarunawan: Baru Terserap 1,3 T

Wabup juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Damkar dan Satuan Pemadam Kebakaran, atas kesigapan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang marak terjadi di Kabupaten Sumbawa. Wabup pun mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Kapolres Sumbawa yang akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan, untuk memberikan efek jera kepada para pelaku. Sebab dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan ini sangat serius, antara lain berdampak pada rusaknya ekosistem hutan. Asap yang ditimbulkan mencemari udara dan bisa mengganggu jarak pandang pengendara. Selain itu kebakaran hutan menyebabkan hutan menjadi gundul sehingga tak mampu menampung cadangan air saat musim hujan, dan berkurangnya sumber air bersih karena hilangnya pepohonan.

Di bagian lain sambutannya, Wabup menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada putra-putri terbaik Kabupaten Sumbawa yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan membawa harum nama Kabupaten Sumbawa sebagai Anggota Paskibraka tingkat Nasional kepada Shelly Melsyan Silva siswa SMA Negeri 2 Sumbawa Besar, serta 3 siswa lainnya yaitu Ratu Balqis Islami Tamal, Sultan Putra Wirata Ranteg, dan Nadia Nazmi Musrifah siswa-siswi SMA Negeri 1 Sumbawa Besar sebagai anggota Paskibraka tingkat Provinsi NTB. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.