Nasib Karyawan PTAMNT Rekrutan 2018, Belum Jelas

oleh -8 views

Sumbawa Barat, SR ( 30/8/2019)

Sebanyak 819 karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) yang direkrut Tahun 2018 lalu dan dikontrak selama setahun, kini menunggu takdirnya. Sebab kontrak mereka sudah hampir finish. Namun nasibnya masih belum bisa di pastikan apakah akan diperpanjang atau akan diputus kontraknya.

Ditemui SAMAWAREA, Kamis (29/8), Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawas (Hiwas) Tohiruddin SH mengaku sudah menggelar pertemuan dengan pihak perusahaan, terkait permasalahan karyawan yang akan habis kontrak dalam waktu dekat ini, dilanjutkan atau diberhentikan. Dalam pertemuan itu pihak perusahan mengatakan bahwa untuk tahap pertama ada beberapa karyawan habis masa kontraknya pada Bulan Oktober. “Kita akan tau dia dilanjutkan kontraknya atau dihentikan sampai kontraknya selesai, biasanya dua minggu sebelum habis masa kontrak pihak perusahaan akan mernginformasi kita terkait kejelasannya,” ujarnya.

Dalam proses perpanjangan kontrak nanti, ungkapnya, akan ada evaluasi terhadap kinerja karyawan tersebut. Jika kinerjanya bagus pasti perusahaan akan mempertahankan, sebaliknya ketika kinerja kurang baik dan dinilai akan berdampak buruk bagi perusahaan kemungkinan akan dievaluasi. Ia menegaskan pemerintah daerah terus berusaha agar semua bisa bekerja. Untuk itu kepada karyawan agar membantunya, dengan bekerja baik dan disiplin.

Terkait dengan 7 karyawan yang di PHK oleh perusahaan, Tohir, menyebutkan 7 karyawan yang diberhentikan bukan karna kontraknya, melainkan ada kesalahan fatal yang tidak bisa ditoleransi oleh perusahaan. Dari keterangan fatal ini, 7 karyawan tersebut telah melanggar salah satu poin vital bahwa mereka berada dalam radius 250 meter dari lokasi blasting (pengeboman) yang seharusnya mereka berada di radius 500 meter. “

Baca Juga  Masuk Semester II, Wabup Minta Jajarannya Evaluasi Kinerja

Untuk diketahui, karyawan yang diberhentikan bukan karena perusahaan. Justru perusahaan berjanji akan merekomendasikannya kembali apabila ada job yang sama di tempat lain. “Tidak usah terlalu cemas bagi karyawan yang mau berakhir kontrakannya. Lakukanlah yang terbaik dalam bekerja agar mendapatkan penilaian baik oleh perusahaan,” tandasnya. (SR)

iklan bapenda