Finalkan Perbup Kepemilikan Akta Kelahiran, KOMPAK Gelar Mini Workshop

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/8/2019)

Sebagai upaya meningkatkan angka kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Sumbawa, Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta Dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan Finalisasi Peraturan Bupati tentang Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran melalui Jalur Pendidikan, Kesehatan, SLRT dan Desa/Kelurahan, di Aula Bappeda Kabupaten Sumbawa, Senin (26/8).

Kepala Bidang Sosial Budaya, Dr. Budi Prasetyo, S,Sos,., M.AP menjelaskan bahwa pekerjaan yang dilakukan dengan melibatkan semua komponen dan memperlihatkan kekompakan maka akan memperoleh hasil yang diharapkan. “Seperti yang saat ini kita rasakan penanggulangan stunting di Kabupaten Sumbawa yang berhasil meraih prestasi Kabupaten Terbaik dalam penanganan kasus stunting, maka kegiatan percepatan penerbitan Adminduk yang kita laksanakan ini merupakan catatan penting di Pemerintah Kabupaten Sumbawa sesuai dengan RKPD 2020 perioritas daerah dalam penurunan angka kemiskinan, penurunan stunting, dan pemenuhan hak sipil anak yang juga akan berpengaruh pada Adminduk, maka saya berharap produk hukum ini jangan terlalu lama didiamkan, lebih cepat lebih baik,” tandasnya.

Penataan administrasi kependudukan menurutnya, bukan persoalan mudah karena memerlukan kesadaran aparatur dan kesadaran masyarakat yang menjadi bagian tak terpisahkan. Karena itu dengan adanya produk hukum ini, akan menjadi regulasi yang dapat memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat. “Untuk mencapai tujuan tersebut sosialisasi harus diintensifkan baik melalui media massa, media sosial, dunia maya, hingga baliho dan spanduk-spanduk,” imbuhnya.

Baca Juga  Gubernur Jadi Khatib dan Imam Shalat Jumat Pertama Jelang New Normal

Sebelumnya Susana Dewi dari KOMPAK NTB dalam pengantarnya menyampaikan penyelenggaraan kegiatan ini keberlanjutan dari Lokakarya Monitoring dan Evaluasi Perbup Percepatan Kepemilikan Akta belum lama ini. Peraturan ini disampaikan juga telah berjalan lebih dari 1 tahun. Perbup ini juga hasil dari kolaborasi bersama berbagai OPD terkait yang didukung KOMPAK. Lokakarya itu menghasilkan beberapa rekomendasi dan rumusan-rumusan yang bisa diterapkan pada finalisasi Peraturan Bupati yang dilaksanakan hari ini.

Perbup tentang Percepatan Kepemilikan Adminduk melalui 4 jalur di Kabupaten Sumbawa adalah satu-satunya yang melibatkan Dinas Sosial atau SLRT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Sedangkan beberapa kabupaten yang difasilitasi KOMPAK hanya melibatkan 3 jalur. Karena melibatkan Dinas Sosial, ini sangat diapresiasi oleh Kementerian Sosial tentang pelayanan SLRT berbasis Adminduk.

Di akhir pengantar, Susana Dewi berharap akan adanya inovasi-inovasi yang mendukung percepatan selain program lainnya. KOMPAK juga memberi warna bagi komitmen dan semangat para OPD untuk melahirkan inovasi baru. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.