Kupas Tuntas Program INOVASI, Dikbud Sumbawa Gelar Talkshow Interaktif  

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/8/2019)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan INOVASI (Inovasi untuk Anak sekolah Indonesia) menggelar talkshow interaktif bertajuk “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Mengembangkan Inovasi Pembelajaran di Kabupaten Sumbawa” di Radio Rasesa FM Sumbawa Besar, Rabu (14/8). Kegiatan yang difasilitasi oleh Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa tersebut, menghadirkan narasumber Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Inovasi, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, dan Kabid Pembinaan SMP Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa H. Syahril, S.Pd., M.Pd memaparkan tentang subyek inti pendidikan antara lain keterampilan hidup, kemampuan berinovasi, dan keterampilan menerapkan teknologi tepat guna. Dikatakan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan ditentukan untuk menjaga kualitas output hasil pendidikan. “Kualitas SDM yang tinggi dan unggul serta dengan keterampilan yang terbarukan hanya akan dihasilkan dari pendidik yang berkualitas,” imbuhnya.

Untuk peningkatan mutu satuan pendidikan secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen satuan pendidikan memiliki budaya mutu.

Sementara Tim Inovasi yang diwakili Muhtar Ahmad memaparkan tentang Inovasi yang bertujuan untuk menemukan dan memahami cara-cara meningkatkan hasil pembelajaran siswa, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan literasi dan numerasi, baik di kelas maupun sekolah. Adapun capaian utama program Inovasi sejak tahun 2017 hingga 2019 adalah Pilot Guru BAIK di 25 sekolah yang didanai APBD Kabupaten Sumbawa, program rintisan gema literasi, dan program Permata. Diharapkan ke depan, NTB khususnya Kabupaten Sumbawa dapat menjadi partner Inovasi hingga Desember 2023.

Baca Juga  Pemprov NTB Mengatur Pelaksanaan Ibadah Ramadhan di Masa Pandemi

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Junaidi, S.Pd., M.Pd menyampaikan hadirnya program Inovasi Untuk Anak Indonesia merupakan dukungan yang mendorong perbaikan proses pembelajaran di Kabupaten Sumbawa. Program ini focus pada isu-isu perubahan pola pendekatan pembelajaran pada anak sesuai dengan karakteristik peserta didik maupun karakteristik kelokalan yang dimiliki oleh Kabupaten Sumbawa, yang memberikan dampak positif yakni dengan mulai bermunculannya kegiatan replikasi baik replikasi literasi maupun numerasi berbasis KKG di Kabupaten Sumbawa. Disampaikan pula beberapa capaian yang telah berhasil dilakukan selama pelaksanaan program Inovasi antara lain terdapat 77 sekolah yang telah tersentuh upaya-upaya penguatan guru dalam mengembangkan pembelajaran dengan melakukan inovasi berbasis local yang menyasar 332 guru peserta yang telah dilatih. Kabupaten Sumbawa memiliki 43 orang guru dan pengawas yang telah dilatih menjadi fasilitator daerah (Fasda), adanya model pelibatan masyarakat dalam program Gema Literasi, dan keberhasilan para guru dalam berbagai event lomba.

Menjawab pertanyaan pendengar melalui line telepon interaktif tentang bagaimana program inovasi diterapkan di pedesaan sehingga program bisa menyentuh sampai pelosok, H. Syahril mengatakan bahwa saat ini sudah ada program pengimbasan. “Praktek baik Inovasi sudah diintervensi melalui APBD, dan akan terus berlanjut sehingga nantinya diharapkan akan menjangkau sekolah-sekolah di pelosok,” jawabnya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb