Kebakaran Lahan HGU PT UTL Diduga Akibat Puntung Rokok Pencari Madu

oleh -28 views

BIMA, SR (14/8/2019)

Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kabupaten Bima, berhasil memadamkan api yang membakar lahan dan semak belukar di lokasi HGU PT Usaha Tani Lestari, di Sanggar Bima, Selas (13/8) kemarin. Dalam upaya pemadaman, Kapolsek Sanggar IPTU Indra Killa bersama anggota TNI dan KSDA Bima terpaksa menggali dan membuat parit-parit menggunakan tenaga manusia dan alat berat untuk melokalisir api di lahan 200 hektar itu agar tidak meluas. “Upaya ini membuahkan hasil, api padam dan tidak menyebar,” ungkap Kapolsek Sanggar.

Ditegaskan Kapolsek, api tersebut tidak sampai membakar hutan melainkan lahan dan semak belukar .Api diduga berasal dari puntung rokok masyarakat yang sedang mencari madu hutan. “Tapi kita akan mendalami lagi,” ujar IPTU Indra.

Selain di lahan PT UTL, kebakaran juga terjadi di beberapa titik lainnya seperti areal Donggo Tabe Nae. Namun api berhasil dipadamkan jajaran Polsek bersama Tim Resort Piong Balai Taman Nasional Tambora menggunakan alat Jetsuter.

Sejauh ini Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Sanggar terus memberikan himbauan dan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan atau membuang puntung rokok sembarangan. (SR)

bankntb BPSK
Baca Juga  Atasi Anjloknya Harga Pangan, Jarot-Mokhlis Hadirkan Pabrik Pengolahan di Sumbawa

No More Posts Available.

No more pages to load.