Hutan Tutupan Gunung Tambora Terbakar, Polisi Turun Tangan Padamkan Api

oleh -36 views

DOMPU, SR (14/8/2019)

Patroli Polsek Pekat Polres Dompu berhasil mencegah kebakaran hutan kawasan Gunung Tambora di areal sebelah atas Doroncanga Desa  Soritatanga Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Untuk mencapai lokasi kebakaran, harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam 30 menit. Itupun harus melewati medan yang sulit, jalan rusak dan kendaraan dibantu tali sling untuk dapat melaju.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, SIK yang dihubungi, menuturkan, kebakaran itu terjadi Selasa (13/8) kemarin pukul 11.00 Wita. Bermula ketika anggota Polsek Pekat Dompu melaksanakan patroli. Dari kejauhan anggota melihat kepulan asap tebal yang diperkirakan di atas Pintu 4 Ternak PT. SMS pada areal Doroncanga Desa Soritatanga. Melihat kejadian itu bersama Petugas Taman Nasional Gunung Tambora (SPTN II) berkoordinasi dengan anggota MPA dan MMP untuk bergabung di Kantor Resort Doroncanga. Selanjutnya pukul 14.00 tim gabungan ini berjumlah sepuluh orang personel mengawali perjalanan dilengkapi dengan logistik, sarana dan prasarana pemadaman. Timgab tiba di lokasi sekitar pukul 16.30 Wita dan langsung bertindak melakukan pemadaman menggunakan alat Jet Shooter. Ada tiga titik api yang berhasil dipadamkan dengan luas lahan yang terbakar mencapai total 18 hektar.

Timgab kembali ke Resort Doroncanga pukul 20.30 Wita. Kapospol Doropeti, Bhabinkamtibmas Desa Soritatanga, Desa Doropeti dan Desa Karombo serta Kanit Intelkam Polsek Pekat masih standby di Pos Taman Nasional Doroncanga untuk memantau perkembangan situasi.

Baca Juga  NTB dan Kroasia Jajaki Kerjasama di Tiga Bidang ¬†

Pasca kebakaran ini, Kapospol Doropeti menyampaikan beberapa himbauan. Yaitu meminta pihak Taman Nasional Gunung Tambora untuk selalu berkordinasi dengan pihak Polri khususnya Polsek Pekat, jika ada kejadian kebakaran hutan agar dapat bersama-sama turun ke lapangan. Meminta pihak Taman Nasional Gunung Tambora agar mempersiapkan sarana pendukung yang memadai mengingat musim panas seperti ini biasanya tetap rawan terjadinya kebakaran hutan. Dan pihak Polsek Pekat siap turun bersama dengan petugas Taman Nasional jika ada terjadi kebakaran hutan. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.