Ahli Geologi Lirik Tanak Beak, Ungkap Kerajaan Pamatan yang Tertimbun

oleh -94 Dilihat

LOMBOK TENGAH, SR (6/8/2019)

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc berkunjung ke Desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (6/8/19). Kedatangan orang nomor satu di NTB dan Deputi Menko Maritim dan Sumber Daya dalam rangka melihat secara langsung potensi diorama yang dilirik beberapa Ahli Geologi. Melihat potensi yang dimiliki diorama itu, Pemerintah Provinsi berencana untuk mengembangannya. Yaitu diawali dengan memperbaiki infrastruktur jalan yang menuju lokasi tersebut. Setelah itu, dilakukan penggalian untuk mengetahui lebih dalam sisa-sisa peninggalan sejarah. “Timbunan-timbunan perbukitan bekas letusan Gunung Samalas ini layak untuk digali, selain digali perlu juga kita memperbaiki jalannya untuk mempermudah kita melihat peninggalan-peninggalan yang bersejarah ini,” ungkap Gubernur Doktor Zul yang juga ditemani Ahli Geologi Indonesia, Dr.Heryadi Rachmat.

Doktor Zul bercerita, letusan Rinjani tahun 1257 ternyata sangat dahsyat, lebih hebat dibandingkan letusan Tambora dan Krakatau. Bahkan katanya, terdapat sebuah kerajaan kuno tua bernama Pamatan yang tertimbun pasir akibat letusan Rinjani yang dahsyat itu. “Daerah ini dipenuhi pasir, dan setelah para penambang menggali kira-kira lebih 15 meter ketemu tanah asli kerajaan Pamatan ini. Jadi pasir yang digali dan ditambang masyarakat itu adalah pasir yang menutup kampung dan kerajaan hebat ini,” ceritanya.

Baca Juga  DPR Diminta Bantu Pemprov NTB Tuntaskan Rehabrekon

Kampung bersejarah ini lanjut Doktor Zul, meninggalkan banyak artefak bersejarah dan peninggalan-peninggalan lain yang akan menguak banyak cerita dan kisah tentang masa lalu daerah yang dikenal bumi seribu masjid ini.

Sementara itu, Ahli Geologi ini menerangkan bahwa di bawah tanah perbukitaan Tanak Beak ini terdapat kerajaan kuno dan banyak benda purba yang tertimbun. “Ada banyak kami temukan fosil-fosil peninggalan benda purba seperti alat masak, gerabah bahkan gigi-gigi banyak kami temukan di kerajaan pamatan yang tertimbun oleh letusan gunung samalas tersebut,” jelasnya. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *